KUMPULAN DAWUH SYAIKH ABDUL QODIR R.A - TINTA SANTRI

KUMPULAN DAWUH SYAIKH ABDUL QODIR R.A


Hasil gambar untuk syaikh abdul qodir
Sumber Gambar
Syaikh Abdul Qodir R.A merupakan seorang wali Allah yang mendapat gelar Sulthonul Auliya` yang berarti pemimpin para wali, dengan bukti karomah yang banyak disebut dalam manaqib beliau yang diantaranya bisa di baca disini.

tentu sulit bagi kita untuk meniru atau meneladani tingkah laku beliau sepenuhnya, namun setidaknya kita bisa mengamalkan sebgian dari beberapa dawuh - dawuh beliau.
berikut beberapa dawuh beliau yang saya kutip dari kitab Jauharul Ma`ani dan Nurul Burhan

1.      Tidak septutnya bagi seseorang untuk menjadi seorang mursyid / seseorang yang menunjukkan jalan menuju Allah kecuali Allah memberinya 1. ilmu para ulama 2. ilmu siasat para raja dan 3. ilmu hikmah.
2.       Jangan pernah mencintai ataupun membenci seseorang kecuali telah engkau sesuaikan perbuatannya dengan Qur`an dan Hadits, agar engkau tidak membenci atau mencintai seseorang karena hawa nafsumu.
3.      Orang faqir yang sabar lebih baik dari pada orang kaya yang bersyukur, orang faqir yang bersyukur lebih baik daripada keduanya, orang faqir yang bersyukur dan bersabar lebih baik dari pada ketiganya.
4.      menurutlah jangan berbuat membangkang, bersabarlah jangan menggersah, tunggulah kebahagiaan, jangan berputus asa, berkumpullah untuk berdzikir pada Allah, jangan tercerai berai, bersucilah dengan taubat dari dosa, jangan berbuat dosa, jangan pernah berhenti untuk mendekat pada Allah.
5.      ni`mat telah dibagi, demikian pula dengan bala, maka serahkanlah semua pada Allah.


demikian sedikit dari dawuh – dawuh Syaikh Abdul Qodir Al jilaniy R.A semoga kita bisa mengambil hikmah serta mengamalkan setidaknya salah satu dari beberapa dawuh beliau. Amin

Posting Komentar untuk "KUMPULAN DAWUH SYAIKH ABDUL QODIR R.A"