3 KEUTAMAAN MEMBACA AL QUR`AN - TINTA SANTRI

3 KEUTAMAAN MEMBACA AL QUR`AN



Al Qur`an merupakan kitab suci yang menjadi pedoman dan tuntunan hidup bagi setiap orang muslim dimanapun berada. Al Quran mempunyai sangat banyak keutamaan, diantaranya adalah
1.      Satu huruf sama dengan sepuluh kebaikan.
Sebagimana keterangan yang ada dalam hadits yang diriwayatkan oleh ibn mas`ud, yang dalam kitab riyadlus Sholihin disebutkan bahwa hadits tersebut shohih. Berikut bunyi hadits tersebut:
مَنْ قَرَأَ حَرْفاً مِنْ كِتَابِ اللهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَة ، وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا ، لاَ أَقُولُ  (الم) حَرْفٌ ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيْمٌ حَرْفٌ
Barang siapa membaca satu huruf dari Al Qur`an, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan setara dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan الم sebagai satu huruf, namun alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.
Dari keterangan dalam hadits tersebut kita bisa memahami bahwa pahala membaca Al Qur`an sangat besar sekali. Bayangkan saja, jumlah huruf dalam Al Qur`an lebih dari tiga ratus ribu huruf, maka ketika kita hatam membaca Al Qur`an kita akan mendapatkan pahala lebih tiga juta kebaikan, bahkan ketika kita membaca basmalah saja, maka kita akan mendapat 190 kebaikan.
2.      Sebagai syafaat di hari kiamat
اقرؤوا القرآن فإنه يأتي يوم القيامة شفيعاً لأصحابه
Bacalah Al Qur`an, karena Al Qur`an akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya
Hadits tersebut diriwayatkan oleh imam muslim yang ditulis dalam kitab riyadlus sholihin.
3.      Sebagai penenang dan rohmat
Abi huroiroh menceritakan sebuah hadits,
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: ((ما اجتمع قومٌ في بيتٍ من بيوت الله يتلون كتاب الله ويتدارسونه فيما بينهم إلا نزلت عليهم السكينة، وغشيتهم الرحمة، وحفَّتهم الملائكة، وذكرهم الله فيمن عنده))
Rosululloh SAW bersabda “tidaklah berkumpul segolongan kaum di salah satu rumah dari beberapa rumah Allah, yang membaca Al Qur`an dan saling belajar diantara mereka kecuali Allah akan menurunkan ketentraman pada mereka, akan dilimpahkan kerahmatan, dan dikepung oleh para malaikat serta mereka akan disebut oleh Allah di sisiNya.
Dari hadits tersebut, kita bisa mengetahui bahwa berkumpul membaca Al Qur`an akan mendapat beberapa keuntungan sekaligus yakni, mendapat ketenangn, rohmat akan di kepung oleh malaikat serta disebut di  sisi Allah SWT.

SEMOGA ALLAH MENJADIKAN KITA SEBAGAI AHLI QUR`AN. AMIN

Posting Komentar untuk "3 KEUTAMAAN MEMBACA AL QUR`AN"