JALANI PAGI ALA IMAM GHOZALIY - TINTA SANTRI

JALANI PAGI ALA IMAM GHOZALIY



Ketika matahari telah terbit dan masuk waktu dluha, maka segera laksanakanlah sholat dluha, dua rokaat, empat rokaat , enam rokaat atau delapan rokaat. Semua itu terdapat keterangan dari baginda nabi muhammad SAW. Tak ada sholat yang lebih utama untuk dilaksanakan pada pagi hari kecuali sholat dluha. Ketika ada waktu bagimu, maka kau bisa lakukan empat hal:
1.    Yang pertama ini adalah yang paling utama, yakni menyibukkan diri untuk mendapatkan ilmu agama yang bermanfaat. Ilmu yang dimaksud adalah ilmu yang bisa menambah takutmu pada Alloh, bisa menjadikanmu bisa melihat pada kecacatan hatimu, bisa menambah pada hatimu dalam beribadah, mengurangi cinta dunia serta menambah kecintaan pada akhirat.
2.  Bila tidak mampu melakukan yang pertama, maka sibukkan dirimu dengan kegiatan ibadah. Seperti dzikir, tasbih, membaca Al Qur`an, sholat dan lain sebagainya. Orang – orang yang melakukan bagian kedua ini termasuk golongan abidin (ahli ibadah).
3.     Menyibukkan diri dengan perbuatan baik serta menyenangkan pada setiap muslim. Atau melayani pada orang yang sholih. Seperti melayani ulama, melayani ahli tasawwuf atau melayani para ahli agama. Atau bisa pula menyibukkan diri dengan memberikan atau menyiapkan makanan untuk fakir miskin. Atau sibuk menjenguk orang sakit atau melayat orang yang meninggal. Sesungguhnya semua perbuatan itu adalah sebaik – baik perbuatan sunnah.
4.  Bila kamu tidak mampu melakukan salah satu dar tiga hal tersebut, maka sibukkan dirimu dengan bekerja untuk memenuhi kebutuhanmu atau keluargamu. Dengan demikian engkau tidak menyakiti orang islam dengan ucapan atau perbuatanmu, agamu selamat dan kamu tidak melakukan maksiat. Dengan melakukan hal itu kamu akan termasuk golngan ashhabul yamin (orang yang berbuat baik).
Bagian keempat tersbut merupakan derajat terendah dalam menjalankan agama. Jangan sampai kamu termasuk bagian orang – orang yang termasuk dalam golongan marati`i syaiton (gembalaan syaitan) yakni orang – orang yang kegiatannya adalah menghancurkan agama atau menyakiti seorang hamba Allah. Wal`iyyadu billah

* Disarikan dari kitab bidayatul hidayah karya hujjatul islam al imam al ghozaliy

Posting Komentar untuk "JALANI PAGI ALA IMAM GHOZALIY"