KEMBANG API DI TAHUN BARU - TINTA SANTRI

KEMBANG API DI TAHUN BARU



Tahun baru identik dengan pesta kembang api, sejarah tentang tahun baru bisa klik disini. Karena di hampir setiap negara perayaan pesta tahun baru dilakukan dengan menyelenggarakan pesta kembang api. Namun tahukah anda?

·      ·         Sejarah kembang api
Dilansir dari History.com, China tercatat sebagai negara yang paling banyak memproduksi dan mengekspor lebih banyak kembang api daripada negara lain di dunia. Pada awal 200 Sebelum Masehi, orang Cina menemukan sejenis petasan alami. Hal ini dilakukan oleh seorang koki ketika tanpa sengaja menumpahkan senyawa ke api masakan dan menghasilkan nyala api yang menarik. Senyawa ini bernama saltpeter yang merupakan bahan dalam mesiu dan kadang pula digunakan sebagai garam penyedap masakan. Meskipun campuran itu terbakar dengan nyala api yang cantik di dalam api, campuran itu tercatat bisa meledak jika tertutup dalam tabung bambu. Akhirnya, orang-orang China mulai memasukkan bahan yang mudah menguap ke dalam tabung bambu yang kemudian dibuang ke dalam api untuk menghasilkan ledakan yang keras. Kembang api pertama lahir. Setelah penggunaan bambu, akhirnya orang China mulai mengembangkan dengan tabung kertas. Bahan bubuk kembang api dimasukkan ke dalam kertas. Orang China juga mengembangkan kembang api tak hanya digunakan sebagai perayaan, tapi juga untuk mengusir roh jahat dan merayakan upacara khusus. Memasuki abad ke-10, masyarakat China telah mengembangkan bubuk bom mentah dan menempelkannya pada anak panah. Hal ini digunakan untuk menghujani musuh selama pertempuran. Dua ratus tahun kemudian, mereka belajar cara menembakkan bahan peledak ke udara dan dasar sebagai pembangunan roket pertama menggunakan balutan kayu. Menyaksikan pesta kembang api dari Burj Plaza menawarkan suasana pergantian tahun yang tidak terlalu gaduh. Selengkapnya klik disini

·        ·         Biaya pesta kembang api

Biaya untuk pelaksanaan pesta kembang api, ternyata tiidak bisa dibilang murah, sebagaimana dilansir tirto.id beberapa negara yang menyelenggarakan pesta kembang api bisa menelan biaya jutaan dolar amerika
-          London, inggris $ 1.950.000 / Rp. 26.069.550.000
-          Taipei, Taiwan $ 1.350.000 / Rp. 18.048.150.000
-          Dubai, UEA $ 6.000.000 / Rp. 80.214.000.000
-          Sydney, Australia $ 5.090.000 / Rp. 68.048.210.000
Angka yang tidak kecil bukan? Angka nominal diatas menggunakan kurs rupiah terhadap dollar amerika serikat pada tanggal 31 Desember 2016 sebesar Rp. 13.369. tentu saja besaran angka – angka tersebut biasanya terus meningkat setiap tahunnya.

·     ·         Pesta kembang api di indonesia
Ternyata tidak hanya di luar negri saja ada pesta kembang api, di indonesia pun juga banyak kota yang menyelenggarakan pesta kembang apidi malam pergantian tahun baru. Coba saja anda search di google.com dengan keyword tempat pesta kembang api 2019 maka hasilnya pun akan memunculkan daerah – daerah yang menyelanggarakan pesta kembang api. Dan ternyata cukup banyak spot untuk menonton kembang api.

Apa yang kita dapatkan dengan menonton kembang api?
Mungkin kita bisa merasakan kebahagiaan dengan menyaksikan gebyar kembang api, setelah kembang api habis? Lantas apa? Entahlah, karena bersifat entertaint atau hiburan, maka sulit untuk menjelaskan atau mengungkapkannnya. Namun di sisi lain ternyata banyak juga bahaya dari kembang api. Seperti di sebutkan dalam halosehat.com setidaknya ada sepuluh bahaya kembang api:
1.      Melukai karena ledakan
2.       Suara yang memekakkan telinga
3.       Polusi udara oleh bahan-bahan kimia
4.       Mencemari air (perairan)
5.       Sampah padat yang mencemari lingkungan
6.       Menyebabkan kebakaran dan kerusakan bangunan
7.       Melukai hewan
8.       Merusak lapisan ozon
9.       Mengganggu kesehatan manusia
10.   Perubahan iklim
Selengkapnya klik disini 

Selanjutnya kita kembalikan pada diri masing – masing, hanya saja seandainya momen tahun baru digunakan untuk merenung dan tafakkur atas apa yang telah kita lalui dalam tahun – tahun yang lalu tentu akan jauh lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "KEMBANG API DI TAHUN BARU"