SANTRI BLOGGER MENULIS - TINTA SANTRI

SANTRI BLOGGER MENULIS



Beberapa hari yang lalu, teman penulis melihat blog saya, dia berkomentar “wah kamu punya banyak waktu luang ternyata”. Sebenarnya tidak juga, meskipun tidak terlalu sibuk, bisa dikatakan kegiatan penulis  cukup padat.
Kok sempet ngeblog? Menurut penulis, sebenarnya ngeblog itu sama dengan digitalisasi kegiatan penulis sehari – hari yang kebetulan penulis berprofesi sebagai santri pelajar. Jadi sebenarnya kegiatan sehari – hari penulis tidak jauh dari kegiatan tulis menulis, mulai dari menulis pelajaran yang disampaikan guru, mengerjakan tugas dari dosen, menyiapkan pelajaran untuk diajarkan dan lain sebagainya.

Daripada catatan – catatan harian penulis hanya bisa dibaca penulis sendiri (karena tulisan jelek. Hehehe) mending di digitalkan, siapa tahu bisa memberikan manfaat pada orang lain. Sekarang coba kita hitung – hitungan, dalam blog penulis ada label DO`A semisal ada satu orang yang membaca, kemudian mengamalkan do`a tersebut, maka setidaknya kita bisa berharap satu pahala dari do`a itu, belum lagi bila orang tadi sharing dengan orang lain, kemudian ia mengamalkan juga, berarti menjadi pahala yang jariah.

Namun bila ingin menjadi penulis yang hebat, atau menjadi seorang blogger yang top tentu memerlukan banyak waktu dan belajar. Banyak panduan untuk itu, apalagi di masa serba online seperti saat ini, tidak sulit untuk mencari rujukan atau inspirasi di internet.

Untuk menjadi penulis, di dalam idntimes.com 8 hal di bawah ini bisa menjadi tips buat kamu yang kebingungan untuk menjadi seorang penulis:
1       Mantapkan Niat dan Bangun Semangat
2       Perbanyaklah Membaca
3       Konsisten
4       Perluas Pertemanan
5       Jangan Malas Mencari Tahu
6       Mulailah Menulis
7       Disiplin
8       Ikutilah Lomba Menulis
Selengkapnya di sini

Setelah bisa menulis, bila tidak dipublikasikan, sama saja dengan membuat suatu karya hebat, namun hanya disimpan saja, maka tidak bisa memberi manfaat sama sekali. Banyak cara untuk mempublikasikan tulisan kita. Bisa dengan dijadikan buku kemudian dicetak dan diterbitkan, tentu saja ini butuh waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit, bisa dengan di copy dan disebar di kalangan sendiri, ini pasarnya tidak luas, cara yang paling mudah adalah dengan membangun blog, bisa dengan memakai platform blogspot.com atau wordpress.com yang gratisan.

Butuh waktu? Tidak juga, sebenarnya banyak waktu yang bisa kita gunakan untuk sekedar menulis, karena saat ini untuk membuat sebuah materi untuk diposting dalam sebuah web atau blog tidak harus menggunakan PC atau laptop namun cukup dengan smart phone yang hampir semua orang punya. Dengan demikian kita bisa melakukan itu dimanapun (asal ada batrai nya hehehehe) bisa ketika di angkot, nunggu angkot, ngantri makan, ngantri di kamar mandi atau dimanapun. Ketik, posting, selesai. It's so simple.

Membuat blognya sulit? Tidak juga cukup punya email, buat platform blogspot atau wordpress posting dan selesai. Untuk lebih jelasnya memulai menjadi blogger bisa buka di http://panduanim.com/membuat-blog/


SEMANGAT MENULIS

Malang, 29 - Desember - 2018

2 komentar untuk "SANTRI BLOGGER MENULIS"