SEDEKAH DENGAN UANG Rp. 80.000.000 - TINTA SANTRI

SEDEKAH DENGAN UANG Rp. 80.000.000

SEDEKAH


Sedekah  atau dalam bahasa kitab disebut shodaqoh merupakan pemberian seseorang  kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Manfaat yang bisa didapat dari sedekah di antara beberapa keutamaan sedekah adalah:

  • Dapat menghapus dosa
  • Mendapat naungan di hari kiamat
  • Meningkatkan keimanan
  • Meningkatkan rasa empati sosial
  • Terhindar dari nilai – nilai materialistis
  • Melatih berpikir positif
  • Dan masih banyak lagi, silahkan lihat dalam kitab – kitab hadits atau kitab yang menjelaskan tentang fadhoil.

Namun selama ini,  kebanyakan dari kita menggap bahwa sedekah harus dengan harta benda, nyatanya tidak. Banyak cara bagi kita untuk bersedekah, semisal dengan tersenyum pada sesama kita, menghilangkan bahaya di jalan umum, mendoakan orang lain dan masih banyak lagi.

SEDEKAH

Didalam kitab bughyatul mustarsyidin dijelaskan bahwa pahala sedekah ada lima macam. Anggaplah kita punya uang sebanyak 80jt rupiah. kalau uang itu kita sedekahkan semua, mari kita berhitung pahalanya berdasarkan keterangan dalam kitab bughyatul mustarsyidin.

Bila uang tadi disedekahkan pada orang yang sehat secara jasmani maka pahalanya digandakan menjadi 10 kali. Jadi Rp. 80jt di kali 10 menjadi Rp. 800jt

Bila disedekahkan pada orang yang buta, orang yang terkena musibah, maka pahalanya dikalikan 90. Berarti Rp. 80jt kali 90 sama dengan Tujuh milyar dua ratus rupiah

Bila disedekahkan pada kerabat yang membutuhakan, maka dikalikan 900 (silahkan kalikan sendiri. Hehe)

Bila disedekahkan pada orang tua, maka dilipatkan 100.000  kali 

Dan apabila disedekahkan pada orang alim al faqih, maka pahalanya dilipatkan 900.000 kali.

Bayangkan, betapa banyak pahala yang akan kita peroleh dengan sedekah. Di samping sedekah merupakan sebuah amal yang di dalam hadits disebut sebagai salah satu amal yang tidak terputus meskipun pelaku amal tersebut sudah meninggal yakni 1) ilmu yang bermanfaat, 2) sedekah yang mengalir 3) anak sholih yang mendoakan kedua orang tuanya.

Atau 80jt disumbangkan untuk membangun masjid, maka sesuai dengan janji Allah, ia akan dibuatkan rumah di surga Allah.


SEMOGA BERMANFAAT.



Posting Komentar untuk "SEDEKAH DENGAN UANG Rp. 80.000.000"