KEUTAMAAN DZIKIR DAN MAJLIS DZIKIR - TINTA SANTRI

KEUTAMAAN DZIKIR DAN MAJLIS DZIKIR

Dzikir



Secara garis besar, dzikir berarti ingat pada Allah, namun dalam banyak refrensi disebutkan bahwa dalam dzikir terdapat istilah dzikir ghoflah (membaca dzikir dengan keadaan hati lupa) ada juga dzikir yaqdloh (dzikir dalam keadaan penuh kesadaran). Tidak hanya itu, masih banyak penggunaan lafadz dzikir yang masing – masing mempunyai makna dan ketentuan masing – masing. Dalam tulisan ini, penulis mencoba untuk membahas tentang keutamaan dzikir dan majlis dzikir.
Keutamaan dzikir sangat besar, bahkan imam ghozaly menyebutkan bahwa tidak ada ibadah yang dilakukan lisan yang lebih utama selain membaca Al Qur`an daripada berdzikir. Ada banyak hadits yang menyebutkan keutamaannya. Diantaranya:
-          Dzikir ditengah orang – orang yang lupa, bagaikan pohon di tengah tanah yang gersang.
-          Tidak ada amal yang lebih menyelamatkan dari adzab Allah dari pada dzikir
-          Amal yang paling baik adalah meninggal dalam keadaan lisannya basah dengan dzikir
-          Dan masih banyak lagi, silahkan baca kitab ihya` dalam bab dzikir
Sementara al fudloil menyebutkan bahwa Allah bersabda, hambaKu yang berdzikir setelah subuh dan setelah ashar, maka Aku akan menjaganya dirinya diantara dua waktu itu. Menurut mu`adz ibn jabal mengatakan bahwa semua ahli surga tidak menyesali apapun, kecuali pada saat ia lupa tidak dzikir.

Mengetahui keutamaan dzikir yang sedemikian besar, ternyata majlis dzikir pun tidak kalah besar fadilahnya. Berikut beberapa hadits yang menyebut keutamaan majlis dzikir:
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم " ما جلس قوم مجلساً يذكرون الله عز وجل إلا حفت بهم الملائكة وغشيتهم الرحمة وذكرهم الله تعالى فيمن عنده "
“Nabi muhammad SAB bersabda: tidaklah duduk suatu kaum di dalam majlis sambil berdzikir pada Allah Azza wa jalla kecuali mereka dikelilingi oleh malaikat, dilingkupi rahmat dan disebut oleh Allah di hadiratnya”
وقال صلى الله عليه وسلم " ما من قوم اجتمعوا يذكرون الله تعالى لا يريدون بذلك إلا وجهه إلا ناداهم مناد من السماء قوموا مغفوراً لكم قد بدلت لكم سيئاتكم حسنات "
Nabi Muhammad SAW bersabda: tidaklah suatu kaum berkumpul, berdzikir pada Allah SWT, dengan itu mereka tidak mengharap kecuali pada ridlo Allah kecuali malaikat dari langit memanggil mereka dan berkata bangunlah kalian dengan keadaan telah diampuni, dan seluruh keburukan kalian telah diganti dengan kebaikan.


SEMOGA BERMANFAAT

Posting Komentar untuk "KEUTAMAAN DZIKIR DAN MAJLIS DZIKIR"