ISTIMEWANYA IBADAH PUASA - TINTA SANTRI

ISTIMEWANYA IBADAH PUASA

 



Dalam sebuah hadits qudsi

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلاَّ الصِّيَام، فَإنَّهُ لِي وَأنَا أجْزِي بِهِ

Artinya: "Semua amal anak cucu nabi Adam (manusia) adalah untuknya, kecuali puasa, karena sesungguhnya puasa untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan balasan untuknya.”
dari hadits tersebut kita bisa fahami, betapa istimewanya ibadah puasa bila dibanding dengan ibadah yang lain, setidaknya ada 4 hal yang menjadikan puasa lebih istimewa dari pada ibadah yang lain.Puasa adalah ibadah yang terbebas dari ancaman bahaya riya (pamer). 
    1. Hal ini sesuai sabda Rasulullah saw, ليس في الصيام رياء Artinya, “Pada puasa tidak ada sifat riya (pamer).” Puasa tidak memiliki gerakan yang bisa terlihat oleh orang lain, sehingga puasa yang dilakukan manusia, tidak akan bisa dilihat oleh orang lain. Dengan demikian ibadah puasa tidak akan bisa dijadikan bahan untuk riya` (pamer)
    2. Puasa bisa untujk menaklukkan setan. Saat manusia sedang berpuasa, maka ia akan menahan diri untuk tidak makan dan minum sampai waktu magrib tiba. Dan pada saat tubuh tidak kemasukan makanan dan minuman, maka nafsu (syahwat) dalam diri akan terkendali. sedangkan nafsu (syahwat) adalah pintu masuk utama bagi setan untuk menghinangkan manusia dalam lembah kemaksiatan.
    3. Pahala ibadah puasa lebih besar bila dibanding dengan ibadah lainnya. Menurut imam Qurtubi, setiap ibadah telah ditentukan besaran pahala yang akan diperoleh, mulai dilipatkan 10 kali, 700 kali, hingga batasan yang Allah kehendaki. berbeda dengan puasa, pahalanya tidak ada ketentuan khusus, hanya Allah yang tahu.
    4. Dalam kitab Durratun Nashihin (hal. 13), Syekh Utsman Syakir dengan mengutip dawuh Abu Hasan menjelaskan, bahwasannya setiap amal ibadah akan mendapatkan balasan berupa surga. lain halnya dengan puasa, ganjarannya adalah bertemu langsung dengan Allah swt di akhirat nanti, tanpa ada penghalang apapun. bisa melihat Allah swt di akhirat merupakan kenikmatan yang paling tinggi, melebihi kenikmatan surga seisinya.

Somoga kita semakin termotivasi untuk menjalankan ibadah puasa di ramadlan kali ini. Amin

Posting Komentar untuk "ISTIMEWANYA IBADAH PUASA"