Mengenal Dan Memulai Blogging - TINTA SANTRI

Mengenal Dan Memulai Blogging

 


Apa Itu Blog

Menurut Wikipedia, blog adalah salah satu jenis website yang memuat tulisan dengan berbagai topik. Biasanya tulisan (yang kita sebut dengan postingan) ditunjukkan dalam kronologi yang terbalik. Blog akan menampilkan postingan terbaru yang kemudian disusul oleh postingan lama.

Blog sering dijadikan platform untuk mengembangkan kemampuan menulis dan juga mempelajari hal-hal baru, seperti pengembangan web (web development) dan manajemen konten. Anda bebas berkreasi dalam berbagi info ataupun hobi sembari membangun komunitas online. Bahkan blogging bisa memberikan keuntungan, misalnya dengan bergabung di program afiliasi atau menampilkan iklan di blog. Postingan yang Anda publikasikan secara berkala pun bisa menjadi portofolio jika ingin mencari pekerjaan lepas (freelance) atau penuh waktu (full time).

Bentuk blog bermacam-macam, misalnya majalah digital, catatan pribadi, pameran online, dan bahkan situs pembelajaran. Biasanya blog terdiri atas teks, gambar, video, dan halaman penting lainnya. Audiens bisa menuliskan komentar dan berkomunikasi secara virtual dengan pemilik atau penulis blog.

Perbedaan Blog dan Website

Hal pertama yang membedakan blog dan website adalah adanya kolom komentar. Seperti yang sudah disebutkan, blog memiliki kolom komentar di mana audiens dan blogger bisa berkomunikasi. Komunikasi yang terjalin adalah komunikasi dua arah. Sementara itu, website tidak memiliki kolom komentar sama sekali.

Blog bersifat dinamis karena kontennya selalu diperbarui, sedangkan website bersifat statis karena halaman-halaman yang ada di dalamnya jarang sekali diperbarui. Contohnya, halaman produk, informasi layanan, dan Tentang Kami.

Pembeda lainnya adalah nama author, tanggal postingan, dan kategori. Pada blog, ketiga elemen ini terlihat jelas di bagian atas postingan. Sementara itu, Anda tidak dapat menemukan ketiga elemen tersebut di website.

Dari mana kita harus memulai?

Kita mulai dari yang paling pertama dulu. yaitu dengan menentukan niche dari blog yang akan kita buat

Tentukan niche


Jika saat ini Anda sedang menjalankan suatu proyek atau membangun bisnis online, melalui blog Anda bisa membagikan informasi mengenai layanan, produk, serta visi dan misi perusahaan. Pembaca yang tertarik dengan pembahasan yang disajikan akan singgah di blog Anda. Anda pun dapat mengakuisisi user baru dengan mudah. Win-win solution, bukan?

Apabila yang Anda cari adalah cara buat blog pribadi, Anda punya lebih banyak peluang. Daftar niche atau topik lebih luas, mulai dari traveling (kisah perjalanan), teknologi, berita, makanan, musik, hingga sepatu. Saking banyaknya, Anda bebas memilih satu niche untuk dijadikan topik utama blog.

Peran niche sangat krusial dalam pembuatan blog. Oleh karena itu, janganlah terburu-buru dalam menentukannya. Kami sarankan untuk melakukan riset terlebih dulu.

Salah satu cara membuat blog yang menarik adalah dengan mengulas topik yang disukai. Anda lebih enjoy dalam melakukannya dan hasilnya juga akan lebih baik. Audiens akan merasa puas setiap kali membaca postingan Anda.

Apa itu niche?

Anda punya pertanyaan? penasaran akan sesuatu? atau ingin membaca ulasan produk sebelum memutuskan untuk membeli? Pastinya Anda akan mengetikkan kata kunci terkait dan melakukan pencarian, kan? Nah, informasi yang diperoleh inilah yang jadi asal-muasal niche. Jangkauan niche sangat luas, bisa apa saja. Misalnya, agar tetap up-to-date dengan berita fashion, blog yang Anda ikuti adalah blog fashion. Sebaliknya, jika tidak ingin ketinggalan info musik teranyar, blog yang diikuti pastilah seputar lagu dan penyanyi pendatang baru. Sebenarnya, apa itu niche?

Niche adalah topik atau area yang jadi fokus utama dari blog Anda. Misalnya, Anda berprofesi sebagai musisi. Maka, niche blog akan cenderung bercerita soal musik. Karena topik musik sangat luas, carilah yang spesifik. Anda bisa mengulas lagu-lagu hip-hop atau yang bergenre pop.

Cara memilih niche

Memilih niche blog memang memakan waktu yang lama. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, pemilihan niche bisa jadi lebih mudah.

1. Buatlah daftar berisikan hal-hal yang Anda sukai atau kuasai, misalnya soal pekerjaan, aktivitas sehari-hari, atau kegiatan berkebun.

2. Lakukan riset dengan mencari informasi soal blog yang mengambil niche yang sama. Cek target pasar untuk mengetahui apakah niche yang dipilih dapat digali lebih dalam atau tidak. Catat konten yang diulas di masing-masing blog, misalnya glosarium, tutorial, atau proyek tertentu.

3. Seperti yang sudah disebutkan, carilah niche yang lebih spesifik. Misalnya, kegiatan berkebun merupakan topik yang sangat luas. Pastinya ada banyak blog yang mengulas topik ini. Oleh karena itu, persempit ruangnya dengan membahas cara menanam sayur untuk pemula atau bagaimana mengubah kegiatan berkebun menjadi aktivitas menyenangkan untuk anak-anak.

4. Kalau ingin blog menghasilkan sejumlah rupiah untuk Anda, carilah niche yang ‘menjual’. Apakah ada produk jualan dalam cakupan niche yang dipilih? Apakah produk tersebut menggunakan Adword? Dan apakah blog kompetitor menawarkan ruang iklan atau memasang banner? Cek semua hal ini untuk menentukan langkah Anda selanjutnya.

5. Pilihlah niche yang Anda kuasai. Setiap pembaca ingin mendapatkan informasi yang lengkap dan memuaskan rasa ingin tahu mereka. Apabila Anda hanya ‘sekadar’ menulis postingan, pembaca blog juga akan memperoleh informasi yang ‘setengah-tengah’. Jadi, tinggalkan topik yang tidak disukai dan carilah niche yang benar-benar Anda pahami.

6. Lakukan blogwalking yang terkait dengan niche Anda. Sesuatu yang luput dibahas oleh blog kompetitor bisa menjadi niche yang menarik untuk diulas.

Jangan khawatir kalau Anda masih belum menemukan niche yang tepat. Blog yang saat ini sudah sukses pasti pernah melakukan berbagai macam cara dan strategi ketika mencari niche.

Kami sarankan untuk jangan mudah menyerah. Teruslah mencari niche blog yang benar-benar membuat Anda tertarik.

Sementara itu dulu pembahasan kita, kita lanjut di postingan berikutnya. isi komentar di bawah

 HALAMAN
1 2

Posting Komentar untuk "Mengenal Dan Memulai Blogging"