Sejarah Dan Kedahsyatan Khasiat Shalawat Fatih - TINTA SANTRI

Sejarah Dan Kedahsyatan Khasiat Shalawat Fatih

Sejarah Dan Kedahsyatan Khasiat Shalawat Fatih

kisah nyata pengamal sholawat fatih, sholawat fatih yang asli, cara mengamalkan sholawat fatih, kelebihan sholawat fatih, sholawat fatih rumi, tawasul sholawat fatih, sholawat fatih arab, sholawat fatih sesat,

Sebelum mengamalkan atau membaca Sholawat Fatih yang asli, ada doa sebelum mengamalkan sholawat fatih yang dimaksudkan sebagai kafaroh.

Doa sebelum membaca shalawat fatih adalah sebagai berikut :

ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺍَﻟْﺤِﻖْ ﺛَﻮَﺍﺏَ ﺻَﻼَﺓِ ﺍﻟْﻔَﺎﺗِﺢِ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ ﻟِﻜُﻞِّ ﻣَﻦْ ﻛَﺎﻥَ ﻟَﻪُ ﻋَﻠَﻲَّ ﺣَﻖٌّ ﺍَﻭْ ﺗَﺒِﻌَﺔٌ اَﻭْ ﻣَﻈْﻠُﻤَﺔٌ اَﻭْ ﺩَﻳْﻦٌ ﻳُﻄَﺎﻟِﺒُﻨِﻲ ﺑِﻪِ ﻣِﻦْ ﺧُﺮُﻭْﺟِﻲ ﻣِﻦْ ﺑَﻄْﻦِ ﺍُﻣِّﻲ اِﻟَﻰ ﺍِﺳْﺘِﻘْﺮَﺍﺭِﻱ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻘَﺒْﺮِ

Allahumma alhiq Tsawaba Shalatil Fatih Yaumal Qiyamah Likulli man Kana Lahu Alayya haqqun aw tabiatun aw mazhlimatun aw dainun yuthalibuni bihi min khurujii min bathni ummii ila istiqrarii fil qabri.

Artinya; Ya Allah, sampaikanlah pahala shalawat fatih ini kepada siapa saja yang memiliki hak atau tuntutan kepadaku, atau pembalasan dari kezaliman yang pernah aku lakukan, atau juga hutang yang belum sempat aku lunasi dari sejak aku lahir sampai aku masuk kekuburan di mana mereka akan menuntut diriku di hari kiamat nanti.

Setelah itu baru membaca sholawat Fatih dengan redaksi sebagai berikut :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ نَاصِرِ الْحَقِّ بالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَي صِرَاطِكَ المُسْتَقِيمِ وَعَلَي آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيمِ

Allāhumma shalli ala sayyidinā Muhammadinil Fātihi limā ughliqa, wal khātimi limā sabaqa, nāshiril haqqi bil haqqi, wal hādī ilā 'shirātikal mustaqīm' wa ‘alā ālihī, haqqa qadrihī wa miqdārihil ‘azhīm.

Keutamaan Shalawat Fatih

Sholawat fatih yang asli memiliki banyak sekali keutamaan. Berikut beberapa keutamaannya:

  • Menghilangkan perasaan sedih dan resah.

Keutamaan shalawat fatih pertama adalah dapat membantu menghilangkan perasaan resah dalam diri manusia. Di saat tubuh dilanda kesedihan, resah, gundau, hati merana dan banyak beban pikiran. Beberapa tokoh alim ulama menyarankan untuk mengamalkan atau membaca shalawat fatih dengan istiqomah membacanya, insyaAllah hati akan lebih tenang dan nyaman.

  • Terbebas dari api neraka.

Keutamaan shalawat fatih yang kedua adalah terbebasakan atau terselamatkan dari siksa api neraka. Menurut keterangan sebagian ulama bahwa mengamalkan shalawat fatih akan membebaskannya dari siksa api neraka, walaupun hanya dibaca sekali saja dalam seumur hidup. Dalam hal ini tentunya harus diimbangi dengan melakukan kewajiban-kewajian syariat yang telah diperintah oleh Allah serta menjauhi larangan-laranganNya, sehingga Shalawat ini sebagai pendongkrak atas amal-amal baik yang dilakukan.

  • Pahala menyamai sepuluh ribu kali shalawat lainnya.

Keutamaan shalawat fatih yang ketiga adalah pahala pembacaan satu kali shalawat fatih bisa menyamai puluhan ribu kali shalawat yang lain. Sebagian ulama mengatakan bahwa shalawat fatih ini bisa mendatangkan pahala yang besar. Menurut mereka, pahala membaca satu shalawat fatih setara dengan pahala sepuluh ribu kali shalawat lainnya. Bahkan ada ulama yang mengatakan pahalanya setara dengan enam ratus ribu kali lipat dibandingkan dengan shlawat lainnya.

  • Mempermudah datangnya hidayah.

Fadhilah shalawat fatih yang ke empat adalah mempermudah datangnya hidayah. Menurut keterangan sebagian ulama, seseorang yang membaca shalawat fatih selama empat puluh hari berturut-turut secara istiqomah dan tidak terputus-putus bisa tergerak hatinya untuk melakukan tobat dan menjauhi segala kemaksiatan (mendapatkan hidayah dari sisi Allah SWT).

Hal ini selaras dengan keterangan dalam sebuah riwayat yakni, melakukan shalat secara berjama'ah dalam kurun waktu empat puluh hari berturut-turut tanpa terputus dapat mengabulkan semua hajat kita. Dan dikabulkannya hajat tersebut tentunya atas kehendak Allah Swt.

kisah nyata pengamal sholawat fatih, sholawat fatih yang asli, cara mengamalkan sholawat fatih, kelebihan sholawat fatih, sholawat fatih rumi, tawasul sholawat fatih, sholawat fatih arab, sholawat fatih sesat,
  • Berkumpul bersama Rasul di akhirat.

Faidah shalawat fatih yang ke lima adalah bisa berkumpul bersama Baginda Rasulullah Muhammad SAW. di akhirat untuk mendapatkan syafatnnya.

Kalau kita mau berfikir, muslim mana yang tidak mau bertemu dan berkumpul dengan Rasulullah Saw. kelak di Yaumil qiyamah lantas dia hanya berpegang pada amalan yang dia lakukan semasa hidupnya di dunia?

Pasti tentunya jawabannya adalah tidak ada, dan senua kaum muslimin pasti berharap dengan syafaat dari Rosulullah SAW.

Menurut beberapa ulama, barangsiapa yang mengamalkan shalawat fatih sebanyak seribu kali pada malam jumat, malam kamis, atau malam senin, niscaya orang tersebut kelak akan dipermudahkan berkumpul bersama Rasulullah Saw.

kisah nyata pengamal sholawat fatih, sholawat fatih yang asli, cara mengamalkan sholawat fatih, kelebihan sholawat fatih, sholawat fatih rumi, tawasul sholawat fatih, sholawat fatih arab, sholawat fatih sesat,
  • Hidup bahagia di dunia dan akhirat.

Barangsiapa secara istiqomah membaca shalawat fatih, niscaya Allah akan memberikan kebahagiaan baik di dunia atau di akhirat. Untuk kebahagiaan dunianya, Allah akan melancarkan pekerjaan dan rezekinya akan dilimpahkan dan diberkahi, sehingga Shalawat ini termasuk sholawat yang bisa digunakan untuk meraih kekayaan duniawi. Sedangkan untuk kebahagiaan akhirat, ia akan dipermudah dari sakaratul maut hingga kenikmatan-kebikmatan akhirat sampai masuk ke syurgaNya nanti.

  • Melipatgandakan pahala.

Diriwayatkan bahwasannya Syekh Ahmad At-Tijany ra. berkata bahwa : “Keistimewaan shalawat fatih sangat sulit diterima oleh akal, karena shalawat tersebut merupakan rahasia Allah Swt. yang tersembunyi.”

Kemudian beliau memberi perumpamaan banyaknya pahala membaca Shalawat Fatih dengan ungkapan : “Apabila ada seratus ribu bangsa, yang setiap dari masing-masing bangsa tersebut terdiri dari seratus ribu kaum, dan dari setiap kaum terdiri dari seratus ribu orang, dan setiap dari satu orang diberi umur panjang oleh Allah sampai seratus ribu tahun, dan setiap orang tersebut bershalawat kepada Nabi setiap hari sebanyak seratus ribu kali, maka pahala itu belum dapat menandingi pahala membaca shalawat shalawat fatih satu kali.”

Begitu dahsyat dan banyaknya Allah memberikan pahala bagi orang yang mengamalkan shalawat fatih ini.

  • Meninggal dalam kondisi husnul khotimah

Selain dipermudah ketika sakaratul maut, beberapa ulama percaya bahwa membaca shalawat fatih sebanyak satu kali saja yang dibaca setiap hari secara rutin dan Istiqomah maka niscaya akan menjadikan husnul khatimah ketika meninggal. Dan itu tentunya atas izin Allah Swt.

  • Dipermudah masuk surga

Seperti yang telah kami singgung di atas pada poin Enam adalah salah satu keutamaan shalawat fatih yaitu dapat menghapus perbuatan dosa yang pernah dilakukan di dunia. Dengan demikian, orang tersebut akan dipermudah masuk surga. Wallahu A'lam.

  • Menghapus dosa selama empat ratus tahun

Barangsiapa membaca shalawat fatih sebanyak seratus kali pada malam jumat, maka Allah akan menghapus dosa-dosanya selama empat ratus tahun. Wallahu A'lam

  • Memperoleh pahala enam ratus kali lipat

Tidak ada riwayat tunggal ketika kita membahas mengenai keutamaan shalawat fatih. Beberapa riwayat dari beberapa sumber yang berbeda pun juga ikut andil dalam memaparkan dan mengumpamakan pahala shalawat fatih. Salah satu riwayatnya mengatakan bahwa membaca shalawat fatih satu kali pahalanya menyamai shalawat lain yang dibaca oleh seluruh makhluk di dunia ini. bahkan pahalanya disebut-sebut mencapai enam ratus kali lipat.

  • Memperoleh pahala yang menyamai ibadah para wali.

Ada riwayat lain yang mengatakan bahwa keutamaan shalawat fatih memang terletak pada besar pahalanya walaupun dengan lafadz yang pendek dan simpel. Saking besarnya pahala shalawat tersebut, beberapa ulama mengatakan bahwa membaca shalawat fatih sebanyak sepuluh kali pada malam jumat pahalanya setara dengan ibadah para wali-wali Allah.

  • Membebaskan dari lilitan hutang

Keutamaan shalawat fatih berikutnya adalah membebaskan hidup dari lilitan hutang. Dan tentunya selain mengamalkan shalawat ini harus dbarengi dengan usaha (ikhtiyar) dan doa kepada Allah Swt.

kisah nyata pengamal sholawat fatih, sholawat fatih yang asli, cara mengamalkan sholawat fatih, kelebihan sholawat fatih, sholawat fatih rumi, tawasul sholawat fatih, sholawat fatih arab, sholawat fatih sesat,
  • Dijauhkan dari malapetaka dunia

Barangsiapa membaca shalawat fatih sebanyak 20 kali setiap shalat fardhu, niscaya Allah akan menjauhkannya dari keburukan duniawi, cobaan, serta malapetaka.”

  • Menetapkan iman

Keutamaan shalawat fatih berikutnya adalah dapat menetapkan iman seseorang. Barangsiapa yang secara rutin membaca shalawat fatih pada segala aktivitasnya, niscaya hatinya akan terjaga, imannya akan kuat hingga akhir ajalnya. Dan ia akan meninggal dalam keadaan husnul khatimah.

  • Pahalanya menyamai khatam Al-Qur'an sebanyak enam kali.

Ada riwayat lain yang mengatakan bahwa satu kali bacaan shalawat fatih memiliki pahala yang sama dengan orang khatam Al-Qur’an sebanyak enam kali. Namun ada pula yang menuturkan bahwa pahalanya menyamai membaca Al-Qur’an sebanyak enam ribu kali. Wallahu A'lam

  • Pahalanya menyamai segala dzikir

Dan keutamaan shalawat fatih yang terakhir adalah dapat memperoleh pahala seperti orang yang membaca keseluruhan dzikir jenis apapun.

Sejarah singkat shalawat fatih

Berikut adalah sejarah singkat sholawat fatih dalam kitab “Al Maushu’ah al Muyassarah fil Adyan wal Madzahib al Mu’ashirah” diterangkab bahwa asal muasal shalawat fatih adalah berasal dari Syaikh Ahmad at-Tihani. Dikisahkan, beliau masyhur dalam riwayatnya yang bertemu dengan Nabi Muhammad Saw. dalam mimpinya, kemudian beliau (Nabi) mengajarkan shalawat ini kepadanya.

Lafadz shalawat fatih ini dikutip dari buku "Perukunan Melayu". Dalam buku tersebut terdapat kutipan dari Syaikh Al Arid Al Kubra yang menjelaskan mengenai khasiat-khasiat shalawat tersebut. Beliau mengatakan, “Barangsiapa membaca shalawat fatih ini dalam seumur hidup hanya satu kali saja, maka Allah akan memeliharanya dari neraka dan mewajibkannya wafat dalam keadaan husnul khatimah.” (Perukunan Melayu halaman 52).

Demikianlah pembahasan mengenai keutamaan sholawat fatih. Semoga shalawat ini dapat menjadi wasilah atau lantaran kepada Allah agar segala macam permasalahan hidup kita dapat segera diatasi oleh Allah swt. Dan semoga wasilah shalawat ini dapat mengobati segala penyakit dzahir maupun batin kita. Aamiin.

Sanad amalan ini

1. Ustadz Yusron dari ustadz Rizki Dzul Qarnain

2. Ustadz Yusron dari Abuya Thalha

3. Ustadz Yusron dari Mbah yai Hanan Maksum Kwagean Pare Kediri

4. Ustadz Yusron dari Habib Aly bin Alwi

Sumber

 HALAMAN
1 2 3 4

Posting Komentar untuk "Sejarah Dan Kedahsyatan Khasiat Shalawat Fatih"