6 CARA MENDAPAT UANG DARI BLOG - TINTA SANTRI

6 CARA MENDAPAT UANG DARI BLOG

Anda mampu menciptakan uang dari mana saja, termasuk salah satunya dari blog. Blog bukan cuma menjadi tempat menulis postingan, melainkan juga kawasan Anda menciptakan duit. Anda bisa mendapatkan duit dari blog dengan aneka macam cara, dari endorsement hingga Google AdSense.

Di postingan ini, selain belajar cara menerima uang dari blog tanpa modal, Anda juga akan belajar wacana bagaimana membangun blog. Seperti apa blog yang bermutu? Bagaimana cara menciptakan blog bermutu dan menciptakan uang? Selengkapnya dapat Anda baca di artikel ini.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog?

Pertanyaan ini pasti sering terlintas di kepala Anda. Menghasilkan uang dari blog yaitu hal yang sangat mungkin bagi semua blogger, asal tahu langkah-langkahnya.

Bahkan Anda mampu mengakibatkan blog sebagai sumber penghasilan utama. Berikut adalah 6 langkah menghasilkan duit dari blog:

·         Buat Blog di Platform Blog Terbaik
·         Buat Konten Blof Bermanfaat dan Menarik
·         Tingkatkan Kualitas SEO Blog Anda
·         Promosikan Blog di Media Sosial
·         Jaga Kepercayaan Pembaca Blog
·         Tentukan Cara Monetasi Blog

Di awal kami sudah menyinggung soal blog bermutu. Mengapa blog bermutu ini penting dalam menerima duit dari blog? Karena dengan membangun blog berkualitas Anda mampu menghasilkan duit dari blog untuk jangka waktu yang usang.

Jadi yang perlu ditekankan apalagi dulu ialah kualitas blog Anda gres lalu Anda mampu berpikir cara meraup rupiah belakangan. Anda tidak akan bisa menghasilkan duit dari blog yang kualitasnya rendah.

Makara tentukan kualitas blog Anda adalah yang terbaik apalagi dahulu gres mendulang rupiah lalu. Berikut yaitu cara membangun blog berkualitas dan cara menciptakan uang dari blog tersebut:

1. Buat Blog di Platform Terbaik

Blog berkualitas berawal dari platform blog yang berkualitas pula. Ada banyak platform blog yang bisa Anda pilih, dari Blogspot, Joomla, Drupal, Magento, sampai WordPress.

Platform blog mana yang terbaik untuk Anda?

Setiap platform punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, jikalau diminta untuk menentukan, aku sarankan untuk menentukan WordPress. Banyak argumentasi mengapa WordPress yakni platform blog terbaik untuk Anda.

Pertama, Anda bisa memakai WordPress secara gratis. Kedua, WordPress cocok digunakan oleh siapa saja, baik pemula ataupun tingkat ahli. Ketiga, blog yang dihasilkan WordPress berkualitas tinggi. Untuk penjelasan lengkap tentang WordPress mampu Anda baca di sini.

Intinya, WordPress sangat sesuai untuk Anda kalau ingin membuat blog yang berkualitas. Untuk cara menciptakan blog menggunakan WordPress mampu Anda baca selengkapnya di postingan cara menciptakan blog.

2. Buat Konten Blog Bermanfaat dan Menarik

Setelah Anda sukses menciptakan blog, sekarang saatnya Anda menerbitkan konten yang sudah Anda pastikan topiknya. Buatlah konten yang berfaedah dan menawan.

Konten Anda bisa dibilang berguna saat pembaca menerima penyelesaian melalui apa yang Anda tulis. Ingat, dikala pembaca mencari sebuah keyword di Google, yang mereka harapkan ialah jawaban yang mampu menuntaskan dilema mereka.

Selain berfaedah, konten Anda juga mesti menarik. Banyak situs web dan blog yang membahas satu topik yang serupa. Anda harus bisa mengungguli persaingan tersebut dengan menciptakan konten yang bermanfaat dan juga mempesona.

Banyak cara yang mampu dijalankan untuk membuat konten blog jadi menawan. Pertama, ambil sudut pandang yang unik. Satu topik bisa dibahas dengan banyak sekali sudut pandang. Usahakan ambil sudut pandang unik yang belum dipakai blog atau situs web lain.

Kedua, buat judul yang inovatif. Judul yaitu hal yang pertama kali dilihat pembaca. Jika judul tidak menawan, mereka tidak akan repot-repot membaca artikel Anda. Makara pastikan judul artikel Anda kreatif dan mempesona.

Ketiga, tambahkan media visual. Artikel yang berisi tulisan saja akan membosankan. Sebaiknya tambahkan gambar, foto, gambaran, infografik, atau video.

3. Tingkatkan Kualitas SEO Blog Anda

Pengunjung blog Anda berasal dari banyak sumber. Salah satu sumber terbesarnya adalah penelusuran Google. Oleh sebab itu, Anda harus punya mutu SEO yang bagus untuk menjaring banyak pembaca dari Google.

Konten-konten yang Anda tulis mesti muncul setidaknya di halaman pertama hasil pencarian Google semoga lebih gampang ditemukan calon pembaca. Dengan mutu SEO yang bagus, Anda bisa meraih hal tersebut, bahkan konten Anda mampu menduduki peringkat pertama Google.

Walaupun begitu, membangun mutu SEO tidak dapat dikerjakan dalam semalam saja. Perlu waktu lama untuk bisa membangun SEO yang berkualitas. Waktu usang bukan mempunyai arti mustahil jikalau Anda mengikuti bimbingan yang sempurna.

4. Promosikan Blog di Media Sosial

Selain penelusuran organik, media umum ialah media lain yang memiliki peluang menjadi sumber hadirin blog Anda. Anda bisa menjangkau lebih banyak kandidat pembaca blog menggunakan media sosial.

Ada berbagai macam media sosial yang bisa Anda manfaatkan, dari Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, Kaskus, dan masih banyak lagi. Mungkin Anda gundah, media sosial mana yang harus Anda pakai untuk mempromosikan blog.

5. Jaga Kepercayaan Pembaca Blog

Memulai blog yang bermutu bukan hal gampang. Dan menjaga mutu tersebut adalah hal yang lebih sukar lagi. Meskipun sukar, bukan memiliki arti mustahil untuk dilaksanakan.

Anda mesti menjaga konsistensi kualitas blog untuk tetap menerima iktikad dari pembaca. Selalu minta feedback, kritik, dan rekomendasi dari pembaca biar Anda paham apa saja yang perlu diperbaiki dan dipertahankan di blog Anda.

Dengan begitu pembaca akan kian setia dengan blog Anda. Dan bukan tidak mungkin mereka akan dengan sukarela membagikan blog Anda kepada sahabat-temannya.

6. Tentukan Cara Monetasi Blog

Setelah membuat blog yang bermutu, Anda sekarang bisa mulai menimbang-nimbang bagaimana cara menghasilkan duit dari blog. Ingat, tanpa blog berkualitas, Anda tidak bisa menerima uang dari blog! Jadi tentukan untuk mengikuti tindakan di atas apalagi dulu.

Kini saatnya Anda mempelajari bagaimana menghasilkan duit dari blog yang telah Anda buat. Terdapat banyak cara menerima uang dari blog. Anda mampu pilih salah satu atau beberapa cara di bawah ini:

1. Sumber Penghasilan Blog dari Google AdSense

Google Adsense ialah sebuah layanan periklanan yang paling terkenal dikala ini, dimiliki oleh perusahaan besar yakni Google. Layanan ini diperuntukan bagi para publisher atau pemilik situs web menayangkan iklan.

Adwords dan Adsense pada intinya yaitu layanan yang serupa. Yang membedakan, untuk Adwords mereka menawarkan layanan bagi para pengiklan untuk membeli iklan.

Sedangkan untuk publisher menciptakan uang dari iklan yang ditampilkan di blog mereka dari layanan Adsense. Untuk prosesnya cukup sederhana:

Sebagai pemilik situs web, Anda meletakan code Adsense di situs web Anda.

Pengiklan atau Advertiser melakukan penawaran untuk iklan, dan penawaran dengan harga terbesar akan ditampilkan di situs web Anda.

Anda akan menerima bayaran setiap ada klik iklan oleh pengunjung situs web Anda. Google akan mengorganisir penagihan ke advertiser dan memutuskan Anda menerima bayaran.

Google Adsense menggunakan algoritma komplek untuk melakukan evaluasi pada konten website Anda. Hal ini memastikan iklan yang tampil sesuai dengan situs web Anda. Sebagai contoh, kalau Anda memiliki website perihal kucing, Andsense akan menampilkan iklan berupa penawaran khusus yang berafiliasi dengan hewan piaraan.

Bayaran setiap kliknya bervariasi mulai $0.1 sampai $5 tergantung negara, kompetitor antar advertiser dan postingan yang dibahas, untuk indonesia sendiri berkisar $0.01 hingga $5.

Sebagai acuan, iklan yang tampil pada website dengan postingan wacana kendaraan beroda empat iklannya lebih mahal jikalau daripada website mainan belum dewasa. Sederhana saja, untuk kendaraan beroda empat harganya lebih mahal, sehingga untuk investasi iklan juga lebih mahal.

Jika Anda ingin mengambil laba dan memulai mendapatkan duit dengan memperlihatkan iklan Adsense, silahkan daftarkan blog Anda dengan menciptakan akun Adsense. Hal ini biasanya memerlukan waktu beberapa menit saja untuk melaksanakan pendaftaran.

Setelah itu Anda tinggal menanti email informasidalam beberapa hari apakah disetujui atau tidak. Jika sudah diterima, saatnya Anda memasang iklan adsense di blog.

2. Sumber Penghasilan Blog dari Endorsement

Mungkin Anda sering menyaksikan para blogger mempromosikan produk atau layanan tertentu di konten blognya. Baik itu dalam bentuk review, unboxing, atau sekadar deskripsi produk.

Apa yang Anda lihat di blog-blog tersebut ialah endorsement. Blogger bisa bekerja sama dengan perusahaan tertentu untuk meng-endorse produk atau layanannya. Benefitnya mampu beragam, dari uang tunai sampai produk gratis. Tergantung komitmen antara blogger dan perusahaan.

Anda juga mampu menerapkan cara ini untuk menghasilkan duit dari blog. Biasanya perusahaan yang mau menghubungi Anda terlebih dahulu untuk mengajak kerjasama. Oleh sebab itu, tentukan Anda telah membangun blog yang berkualitas semoga bertambah banyak perusahaan yang ingin berafiliasi dengan Anda.

3. Sumber Penghasilan Blog dari Afiliasi

Cara menerima duit dari blog yang cukup terkenal lainnya ialah dengan program afiliasi. Melalui acara ini Anda akan mendapatkan komisi setiap kali ada pengunjung blog yang melaksanakan pembelian atau melengkapi data melalui link atau banner afiliasi.

Jumlah komisi yang ditemukan berbeda-beda tiap perusahaan. Ada yang memperlihatkan komisi 25 persen, 50 persen, sampai 70 persen. Sebagai contoh, di acara Afiliasi Niagahoster Anda akan mendapatkan komisi sebesar 70 persen. Cukup menggiurkan, bukan?

4. Sumber Penghasilan Blog dari Jasa

Melalui blog, Anda juga bisa menawarkan jasa ke para hadirin blog, mirip jasa pengerjaan situs web, desain grafis, pengerjaan postingan. Selain itu masih banyak jasa yang lain yang mampu Anda tawarkan sesuai kemampuan yang dimiliki.

5. Sumber Penghasilan Blog dari Produk

Anda mampu menciptakan duit dari blog dengan menjual produk yang dimiliki melalui blog, mampu berupa produk digital atau produk fisik. Jika Anda memiliki kemampuan menulis bimbingan, Anda bisa menciptakan ebook untuk dijual. Selain memasarkan ebook, untuk Anda yang mempunyai keterampilan pemrograman, mampu memulainya dengan memberikan aplikasi yang Anda buat untuk dijual.

Sedangan untuk produk fisik, Anda mampu menjual berbagai macam barang. Misalnya Anda mempunyai keterampilan mengolah makanan, Anda bisa menciptakan produk kudapan dan dijual melalui blog Anda.

6. Sumber Penghasilan Blog dari Webinar

Anda juga bisa menghasilkan uang dari blog melalui webinar. Biasanya cara ini diterapkan oleh blogger-blogger yang telah profesional dan terpercaya di bidangnya.

Jika Anda sudah membangun citra positif dan profesional di bidang yang Anda geluti, cara ini juga bisa Anda terapkan. Di webinar Anda bisa mengembangkan ilmu dan pengalaman profesional Anda. Tentu peserta webinar mesti membayar biaya tertentu untuk bisa mendapatkannya.

7. Sumber Penghasilan Blog Lainnya

Selain dari berbagai macam cara menerima duit dari blog di atas, masih banyak cara yang bisa Anda coba, berikut tiga diantaranya:

PayPal untuk mendapatkan kontribusi – PayPal menawarkan tool yang dapat dipakai untuk keperluan kontribusi dari hadirin situs web. Ini adalah cara terbaik memonetisasi untuk website non-profit. Informasi lebih lanjut tentan donasi PayPal silakan menuju link berikut

Infolinks – Dengan infolinks Anda mampu memasang iklan berupa text. Jaringan iklan ini akan membayar setiap kali ada klik dari pengunjung. Meskipun baru akan menciptakan bayaran yang cukup pada situs dengan banyak hadirin, tidak ada salahnya Anda untuk mencobanya.

Posting Komentar untuk "6 CARA MENDAPAT UANG DARI BLOG"