Syekh Subakir, Ulama Besar Penyebar Islam Periode Awal di Tanah Jawa - TINTA SANTRI

Syekh Subakir, Ulama Besar Penyebar Islam Periode Awal di Tanah Jawa

Syekh Subakir, Ulama Besar Penyebar Islam Periode Awal di Tanah Jawa

Pertumbuhan agam Islam yang pesat di Pulau Jawa, tidak lepas dari jasa besar dari para Wali Songo yang jadi penyebarnya. Walaupun tiap- tiap dari para figur para wali tersebut diketahui luas oleh generasi di masa modern, terdapat suatu nama yang bisa jadi tidak sering terdengar tetapi mempunyai jasa besar untuk proses penyebaran agama Islam di Pulau Jawa.

Beliau adalah Syekh Subakir, ulama asal Persia, generasi Wali Songo Awal dalam upaya penyebaran Islam di tanah Jawa. Diutus oleh khalifah dari Kesultanan Turki Utsmaniyah Sultan Muhammad I, Syekh Subakir dikenal lantaran keberhasilannya menaklukkan bangsa jin di pulau Jawa. kayak apa kisahnya?

Diutus buat menanggulangi masalah yang berkaitan dengan urusan ghaib di Pulau Jawa

Selaku ulama besar, Syekh Subakir secara spesial diutus oleh Sultan Muhammad I dari kekalifahan Usmani di Instanbul, Turki. Tidak sendiri, dia bersama 8 orang yang lain yang ialah rombongan Wali Songo Periode Awal yang hendak berangkat ke Pulau Jawa. Tiap- tiap dari utusan tersebut, mempunyai kemampuan tertentu.

Tentu saja termasuk Syekh Subakir, dirinya memiliki kemampuan di bidang ilmu spiritual serta spesialis menetralisir wilayah angker yang ditempati oleh jin jahat. Dikala datang di tanah Jawa, Syekh Subakir mengetahui kalau warga pulau tersebut rupa- rupanya masih memegang teguh keyakinan lama yang bercampur dengan hal- hal mistis.

Sukses mengusir para jin serta lelembut yang selalu jadi penghalang dakwah

Melansir tulisan Mahmud Nurhadi dari halaman dnk. id, Syekh Subakir mengenali kalau keberadaan para jin kafir di sanalah yang jadi pemicu agama Islam susah tumbuh sebab sering dihalang- halangi. Buat menanggulangi permasalahan spiritual ini, dia bawa batu bertuah dari tanah Arab yang sudah dirajah.

Setelah itu, batu yang diketahui dengan nama Aji Kalacakra inilah yang digunakan Syekh Subakir buat menetralisir kekuatan negatif dari bangsa jin di situ supaya menghilang. Sebab memancarkan hawa yang sangat panas sepanjang 3 hari 3 malam, banyak dari para bangsa jin yang tidak tahan sampai memutuskan buat menyingkir ke lautan.

Figur besar penyebar Islam yang diketahui dengan kesaktiannya

Salah satu kisahnya yang masyhur adalah, dikala Syekh Subakir beradu kesaktian dengan Ki Semar Badranaya Si Danyang Tanah Jawa alias Sabda Palon sepanjang 40 hari 40 malam. Sebab keduanya ialah tokoh sakti, Sabda Palon hingga menawarkan negosiasi kepada ulama asal Persia itu.

Oleh Sabda Palon, Syekh Subakir diperbolehkan menyebarkan agama Islam tetapi dengan sebagian ketentuan, ialah membiarkan adat serta budaya senantiasa tumbuh sebagaimana mestinya. Sabda Palon juga mengijinkan para raja yang nantinya beragama Islam buat berkuasa di tanah Jawa.

Sebagai salah satu dari wali 9 yang menyebarkan Islam di tanah Jawa, wujud Syekh Subakir memanglah tidak banyak diketahui oleh warga modern dikala ini. Walaupun demikian, jasa- jasa serta kisahnya di masa kemudian senantiasa hendak dikenang serta tidak lekang oleh waktu Perihal ini diisyaratkan dengan terdapatnya petilasan Syekh Subakir yang masih bisa kita lihat sampai sekarang. 

Posting Komentar untuk "Syekh Subakir, Ulama Besar Penyebar Islam Periode Awal di Tanah Jawa"