Amalan Pelunas Hutang Riba, Untuk Keluar Dari Lilitan Hutang Riba - TINTA SANTRI

Amalan Pelunas Hutang Riba, Untuk Keluar Dari Lilitan Hutang Riba

AMALAN PELUNAS HUTANG RIBA


"wirid asmaul husna untuk melunasi hutang" "hadits tentang melunasi hutang" "amalan agar bebas dari hutang" "dzikir ketika terlilit hutang" "surat alquran agar terbebas dari hutang" "sholawat bebas hutang" "jimat pelunas hutang" "ketika hidup terlilit hutang""Keyword" "dzikir melunasi hutang dalam semalam" "doa supaya bisa membayar hutang dengan cara tak terduga" "amalan bayar hutang mendesak" "amalan lunas hutang 1 hari" "melunasi hutang dengan bantuan allah" "kisah nyata amalan pelunas hutang" "5 dzikir pelunas hutang" "ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang"
Ilustrasi: AMALAN PELUNAS HUTANG RIBA
TintaSantri.ComKali ini Ngadmin akan membagikan Amalan Pelunas Hutang Riba yang dihimpun dari berbagai sumber. Ketika kita menghadapi permasalahan apapun, yakinlah Allah selalu memberikan jalan keluar yang kadang tidak kita duga sebelumnya. Demikian pula ketika kita terlilit hutang riba, maka kita bisa berdoa kepada Allah SWT untuk meminta jalan keluar tersebut. Berikut Amalan Pelunas Hutang Riba.

Amalan Abu Umamah Dari Rosulullah

Disebutkan oleh Abu Sa‘id al-Khudri, pada suatu hari, Rasulullah masuk ke masjid. Ternyata di sana sudah ada seorang laki-laki Anshar yang bernama Abu Umamah. Beliau kemudian menyapanya, “Hai Abu Umamah, ada apa aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat?” Abu Umamah menjawab, “Kebingungan dan utang-utangku yang membuatku (begini), ya Rasul.” Beliau kembali bertanya, “Maukah kamu jika aku ajarkan suatu bacaan yang jika kamu membacanya, Allah akan menghapuskan kebingunganmu dan memberi kemampuan melunasi utang?” Umamah menjawab, “Tentu, ya Rasul.” Beliau melanjutkan, “Jika memasuki waktu pagi dan sore hari, maka bacalah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

[Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl]  Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”      Abu Umamah menuturkan, “Setelah aku mengamalkan doa itu, Allah benar-benar menghilangkan kebingunganku dan memberi kemampuan melunasi utang.” 

Sayyidul Istighfar

Seorang sahabat mengadu kepada Rasulullah SAW terkait utang yang dideritanya. “Kenapa tidak amalkan Sayyidul Istighfar?” kata Rasulullah. Rasulullah menganjurkan sahabatnya untuk membaca tasbih berikut antara terbit fajar dan shalat Shubuh.

   سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ العَظِيْمِ أَسْتَغْفِرُ اللهَ مِئَةَ مَرَّةٍ

Subhânallâhi wa bi hamdih, subhânallâhil ‘azhîm, astaghfirullâh 100 kali. Artinya, “’Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya. Mahasuci Allah yang Maha Agung. Aku memohon ampun kepada Allah,’ 100 kali,” (Lihat Sayyid Muhammad bin Alwi bin Abbas Al-Maliki, Ma Dza fi Sya‘ban, 1424 H, halaman 63).

Bacaan Doa Bagi Orang Yang Terlilit Hutang

Utang adalah salah satu tanggung jawab yang harus diselesaikan selama hidup di dunia. Mengabaikan hal ini berisiko memberatkan beban seorang hamba di akhirat kelak. Karena masalah tersebut menyangkut haqqul adami (hak sesama manusia) dan hanya akan selesai bila kedua belah pihak saling rela dan mengikhlaskan. Karenanya, seberat apapun utang harus dituntaskan di dunia. Rasulullah juga menyarankan, saat seseorang dililit utang, untuk membaca:

 اللَّهُمَّ اكْفِني بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأغْنِني بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِواكَ

 [Allâhumma-kfinî bihalâlika ‘an harâmika wa aghninâ bi fadl-lika ‘am man siwâka]  

Artinya: "Ya Allah, cukupkanlah aku dengan yang halal sehingga terhindar dari yang haram. Cukupkanlah aku dengan anugerahmu sehingga terhindar dari (meminta bantuan) selain-Mu." (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir)

Membaca Surat Yasin
Dalam syarah hadits tentang kekhususan Surat Yasin ini, diungkapan khasiat atau faidah membaca surat yasin, antara lain:

  1. Bila ada orang yang lapar dan membaca Surat Yasin dengan khudzurul qalb (menghadirkan keyakinan yang penuh), dia akan kenyang atas fadhal Allah Swt. 
  2. Bila Surat Yasin dibaca oleh orang yang sedang ketakutan, Allah akan menghilangkan rasa takut dan susahnya. 
  3. Bila dia miskin/fakir, dan membaca Surat Yasin, hutangnya lunas. InsyaAllah.
  4. Bila ada hajat (keinginan), membaca Surat Yasin bisa mempermudah terkabulnya hajat tersebut. 
  5. Bila Surat Yasin dibaca waktu pagi, dia akan mendapatkan rasa aman dari Allah hingga sore hari. 
  6. Bila Surat Yasin dibaca atau sedang ditafsirkan di suatu daerah, Allah akan menghilangkan dari daerah tersebut segala bala', kebencian, kekeringan, marabahaya dan penyakit, saking agungnya Surat Yasin. (semoga proses terjemahkan Yasin oleh penulis terhitung bagian dari hilangnya bala' di Desa Ngabul). 
  7. Bila Surat Yasin dibaca pada malam hari (misalnya malam Jum'at), maka keluarganya mendapatkan rasa aman dari Allah hingga esok hari. 
  8. Bila Surat Yasin dibacakan kepada mayit, ia akan diringankan dari siksa kubur bila dia tergolong min ahlil adzab (yang mendapatkan balasan siksa kubur). Bila dia tidak termasuk golongan ahli adzab, mayit akan mendapatkan kenikmatan di kuburnya, sebagai ziyadah (tambahan) balasan amalnya. Karena kubur adalah taman surga dan bisa pula menjadi jurang dari banyaknya jurang neraka. 

Do`a Ketika Membayar Hutang

Tugas berikutnya adalah melunasi tanggungan sesuai kesepakatan. Jangan sampai luput janji agar kepercayaan kepada diri tidak luntur. Dan saat diberikan kemampuan melunasi utang, berikut doa yang disarankan, sebagaimana dilakukan Nabi Muhammad SAW.

Berikut ini adalah doa yang diajarkan Rasulullah SAW ketika kita membayar utang.

 بَارَكَ اللهُ لَكَ فِيْ أَهْلِكَ وَمَالِكَ وَجَزَاكَ خَيْرًا

Bârakallâhu laka fî ahlika wa mâlika, wa jazâka khairan

Doa ini merupakan bentuk terima kasih kepada orang yang telah berbuat baik. Dan disebutkan oleh Imam Nawawi dalam karyanya, Al-Adzkar.

Demikian AmalanPelunas Hutang Riba yang dapat ngadmin sajikan kepada anda, semoga Amalan PelunasHutang Riba ini bermanfaat bagi kita semua.

Tag: Pelunas Hutang  Amalan Hikmah

Posting Komentar untuk "Amalan Pelunas Hutang Riba, Untuk Keluar Dari Lilitan Hutang Riba"