INILAH LANGKAH - LANGKAH DAN PANDUAN ISOLASI MANDIRI - TINTA SANTRI

INILAH LANGKAH - LANGKAH DAN PANDUAN ISOLASI MANDIRI

panduan isolasi mandiri terbaru,panduan isolasi mandiri who, panduan isolasi rumah sakit, panduan isolasi terpusat, panduan kamar isolasi, panduan nasional isolasi mandiri, panduan nasional tentang isolasi mandiri, panduan pelaksanaan isolasi mandiri, panduan ruang isolasi, panduan ruang isolasi covid, panduan ruang isolasi igd, panduan ruang isolasi kemenkes, panduan ruang isolasi pdf, panduan ruang isolasi rumah sakit, panduan ruang isolasi tekanan negatif, panduan saat isolasi mandiri, panduan selesai isolasi mandiri, panduan untuk isolasi mandiri
Panduan isolasi mandiri

Meningkatnya kasus terkonfirmasi COVID-19 hingga saat ini membuat pemerintah mengambil kebijakan agar pasien COVID-19 tanpa gejala atau yang bergejala ringan melakukan perawatan isolasi mandiri. Andi Khomeini Takdir, Sp.PD (K-Psi), Dokter Spesialis Penyakit Dalam & Konsultan Penyakit Dalam Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet menyebutkan saat ini tenaga kesehatan yang ada di RSDC Wisma Atlet, kelelahan akibat banyaknya pasien yang mesti ditangani. Dia menjelaskan bahwa saat melakukan isolasi mandiri di rumah, pertama-tama pasien harus memakai masker. Andi juga menekankan bagi pasien yang menjalani isolasi mandiri harus menjaga makanan dengan gizi seimbang. Andi, bagi pasien yang isolasi mandiri agar tidak mendiagnosis diri sendiri, kalau memungkinkan harus terus berkonsultasi dengan dokter.

Berikut langkah – langkah dan panduan isolasi mandiri di rumah

  1. Pasien boleh keluar rumah hanya untuk mendapat pertolongan medis.
  2. Pilih ruangan yang jauh dari jangkauan orang lain dan hewan peliharaan yang berada di dalam rumah.
  3. Segera cari perawatan medis darurat jika mengalami gejala seperti kesulitan bernapas, nyeri di dada, muncul gejala baru, ketidakmampuan untuk bangun atau tetap terjaga, bibir atau wajah kebiruan, atau hal lainnya yang mengganggu kesehatan tubuh.
  4. Konsultasikan kesehatan secara online bersama dokter guna memperoleh tindakan medis lanjutan.
  5. Gunakan masker jika terpaksa harus berada di sekitar orang lain, Jika tidak memungkinkan menggunakan masker karena gangguan pernapasan, tutup batuk atau bersin Anda dan jaga jarak minimum 6 kaki (kurang lebih 2 meter) dari orang lain.
  6. Tutupi batuk dan bersin Anda menggunakan tisu. Dan buang ke tempat sampah
  7. Cuci tangan, Jika tidak memungkinkan menggunakan sabun dan air, gunakan pembersih tangan yang setidaknya mengandung 60 persen alkohol.
  8. Jangan berbagi piring, gelas minum, cangkir, peralatan makan, handuk, tempat tidur, atau barang pribadi lainnya dengan orang lain.
  9. Bersihkan semua permukaan yang sering disentuh, pengasuh atau orang lain perlu membersihkan dan mendisinfeksi ruangan yang digunakan penderita, gunakan masker dan sarung tangan sekali pakai serta berikan jarak selama mungkin antara waktu terakhir pasien menggunakan ruangan yang akan dibersihkan.
  10. Jika baju pasien harus dicuci orang lain, jangan aduk cucian kotor. Kenakan sarung tangan sekali pakai saat menangani cucian kotor. Lepaskan sarung tangan dan segera cuci tangan setelah mencuci. Cuci tangan setelah menjemur pakaian.
  11. Gunakan tempat sampah berlapis. Gunakan sarung tangan saat membuang sampah, cuci tangan setelahnya.
  12. Setiap orang yang berada satu rumah dengan pasien harus melakukan karantina mandiri dan sebaiknya meninggalkan rumah 14 hari setelah kontak dekat terakhir dengan penderita atau 14 hari setelah penderita memenuhi kriteria untuk mengakhiri isolasi mandiri di rumah.

Posting Komentar untuk "INILAH LANGKAH - LANGKAH DAN PANDUAN ISOLASI MANDIRI"