Paling Gampang, Begini Cara Membuat Artikel Untuk Tugas Kuliah - TINTA SANTRI

Paling Gampang, Begini Cara Membuat Artikel Untuk Tugas Kuliah

Membuat tugas kuliah, khususnya artikel itu bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang bagi penulis artikel yang terbiasa menulis dan memiliki banyak pengetahuan. Dan akan terasa sangat sulit bagi mereka yang tidak suka menulis. Apabila Anda tidak menyukai dunia menulis dan kebetulan anda harus membuat artikel untuk tugas kuliah, maka cara membuat artikel untuk tugas kuliah yang akan Ngadmin tulis di bawah ini mungkin bisa membantu Anda.

Cara Membuat Artikel Tugas Kuliah



Membuat rencana tulisan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat rencana yang berkaitan dengan artikel yang ingin ditulis. Rencana yang dimaksud meliputi apa pokok utama dari artikel, tujuan menulis artikel, sumber informasi yang digunakan untuk menulis artikel, menentukan judul dan lain sebagainya. Dengan merencanakan semua itu, menulis artikel akan terasa lebih mudah.

Untuk pemilihan judul, bisa ditentukan di awal tulisan, bisa juga di akhir saat tulisan sudah selesai. Ada plus minus dalam penentuan judul diawal atau diakhir. Bila menentukan judul di awal, Anda bisa membatasu penulisan Anda. Jadi saat menulis Anda bisa fokus membahas tentang hal yang berhubungan dengan judul saja, tanpa harus melebar kemana-mana.

Jika menentukan judul di akhir maka keuntungannya adalah Anda bisa bebas menuliskan semua hal yang Anda pikirkan dan saat artikel selesai ditulis, Anda bisa menentukan pokok pembahasan dari tulisan Anda dan membuat judul yang sesuai.

Mengetahui struktur artikel

Karena untuk tugas kuliah, biasanya ada persyaratan khusus yang berhubungan dengan struktur penulisan atau persyaratan lain dalam pembuatan artikel. Nah Anda harus betul – betul mengetahui dan memahami persyaratan – persyaratan itu agar bisa mendapatkan nilai yang sempurna. Struktur artikel biasanya hanya judul, pembuka, isi, dan penutup.

Memahami informasi dengan baik

Cara membuat tugas artikel selanjutnya ini berhubungan dengan langkah pertama yaitu sumber informasi untuk menulis artikel. Jadi jika Anda sudah mendapatkan sumber yang tepat, yang terbukti kebenarannya, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah membaca dan memahami inti dan pembahasan dalam sumber informasi tersebut. Semisal ada poin penting catat atau tandai. Sangat dianurkan untuk memiliki sumber lebih dari satu agar tulisan lebih bisa berkembang dan memiliki berbagai sudut pandang. Bila anda sudah cukup memahami apa yang ada dalam sumber informasi, penulisan artikel bisa mengalir sesuai dengan apa yang Anda pikirkan. Jadi tuliskan apa yang ada di pikiran Anda.

Membuat garis besar tulisan atau kerangka tulisan

 Agar penulisan artikel tidak melebar kemana-mana, Anda harus membuat kerangka tulisan. Jadi catatlah inti yang akan dibahas saat pembukaan, isi dan penutup. Untuk artikel yang panjang, biasanya bagian isi dibuat beberapa poin lagi dengan sub judul, tujuannya agar artikel lebih mudah dipahami, lebih terstruktur isinya dan lebih mudah saat menuliskan pembahasannya.

Mulai menulis

Setelah memiliki sumber informasi yang cukup dan kerangka tulisan sudah dibuat, maka Anda sudah bisa mulai menulis. Tulisalah setiap poin sesuai dengan kerangka yang telah disusun. Pada tahap ini, tulisan Anda pasti akan mengalir sesuai dengan yang Anda pikirkan. Anda tidak perlu khawatir apabila belum mahir menulis, yang harus dilakukan hanyalah menulis sesuai apa yang ada dalam pikiran Anda. Jangan berhenti hanya untuk mengoreksi tulisan. Tulisan bisa dikoreksi dan dibenahi saat Anda selesai menulis. Jika mulai mengoreksi setelah berhasil menyelesaikan satu kalimat, takutnya ide yang terlintas di benak Anda sebelumnya hilang.

Membaca ulang dan mengedit artikel

Setelah selesai menulis artikel, Anda baru bisa memulai untuk mengedit artikel. Anda bisa memulai untuk membacanya per kalimat. Apabila ada kalimat yang kurang pas atau kurang nyambung, Anda bisa langsung mengeditnya. Begitu pula dengan tulisan yang salah ketik, bisa langsung Anda perbaiki.

Meminta pendapat orang lain

Agar artikel menjadi lebih bagus, Anda bisa meminta pada teman Anda untuk membaca dan mengoreksi apabila ada kesalahan kata atau kalimat. Kalau bisa pilih teman atau pembaca yang memang sudah ahli di bidang tulis-menulis. Meskipun menurut Anda sudah benar, orang lain yang membaca belum tentu berpikiran sama. Maka dari itu Anda perlu meminta pendapat mereka. Semisal ada yang mesti diperbaiki, Anda bisa langsung memperbaikinya.

Hal yang Perlu Dihindari Saat Membuat Artikel Tugas Kuliah

Setelah mengetahui cara membuat tugas kuliah artikel di atas, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui juga tentang hal-hal yang perlu dihindari saat menulis artikel. Beberapa hal yang dimaksud antara lain yaitu tulisan berbelit-belit, mengulang gagasan berlebihan, menggunakan kalimat yang tidak penting, dan menggunakan istilah yang salah.

Sangat disarankan bagi Anda untuk menulis artikel tanpa berbelit-belit. Saat membahas inti tertentu, buatlah kalimat yang berhubungan dengan inti yang dimaksud, jangan berbasa-basi terlalu jauh atau terlalu melebar dari inti utama. Jangan mengulang juga hal yang pernah dibahas sebelumnya. Hal yang perlu dihindari tersebut biasanya juga akan terlihat saat Anda meminta orang lain untuk mengoreksi tulisan, jadi jangan lupa meminta orang lain untuk membaca dan memberikan saran terkait tulisan Anda.

Penutup

Itulah cara membuat artikel tugas kuliah yang berhasil ngadmin rangkum dari beberapa sumber, semoga cara membuat artikel tugas kuliah ini membantu anda dalam menyelesaikan tugas kuliahnya. 

Posting Komentar untuk "Paling Gampang, Begini Cara Membuat Artikel Untuk Tugas Kuliah"