Doa Untuk Ibu Hamil Agar Selamat Dan Bayi Sehat - TINTA SANTRI

Doa Untuk Ibu Hamil Agar Selamat Dan Bayi Sehat

TintaSantri.Com - Kali ini Ngadmin akan membagikan sebuah Doa Untuk Ibu Hamil Agar Selamat Dan Bayi Sehat, doa ini untuk dibaca  sesuai dengan waktu yang akan dijelaskan dibawah, berikut Doa Untuk Ibu Hamil Agar Selamat Dan Bayi Sehat, patut kita renungkan bahwa Menanti sebuah kelahiran bayi yang diidam-idamkan oleh sepasang suami istri merupakan hal yang sangat membahagiakan. 
Doa Untuk Ibu Hamil Agar Selamat Dan Bayi Sehat
Doa Untuk Ibu Hamil Agar Selamat Dan Bayi Sehat

Pasangan suami istri dengan senang hati menyiapkan semua perlengkapan kebutuhan calon bayi mulai dari pakaian, minyak telon, hingga segala hal yang ia harapkan pada calon bayi.  

Sebagai muslim yang taat, persiapan kita semestinya hanya secara lahiriyah saja, Namun lebih penting dan akan bermanfaat kepada bayi ialah doa. Untaian doa dan harapan harus terus menerus dibacakan dan dipanjatkan Allah sang pencipta dan penentu segalanya.

Doa untuk ibu hamil "wajib" dilaksanakan setiap orangtua. Selain memohon sebuah harapan, doa juga bermaksud mengging takdir tuhan dalam proses perkembangan janin di rahim istri. Untuk mempunyai anak soleh dan berbakti tidak cukup hanya mendoakan saat usia 4 bulan dan 7 bulan saja. Tetapi secara istiqomah harus benar-benar berserah diri memohon kepada Allah SWT.

Jika ayam (binatang) saja mau tirakat mengerami (angkrem) telurnya 40 hari tanpa makan minum, maka manusia yang akan melahirkan bayi yang memiliki hati dan akal sangat penting sekali untuk selalu didoakan terus menerus sampai ia lahir ke dunia.  Maka ucapan doa untuk ibu hamil sangat penting sekali dilakukan setiap saat, terutama di waktu-waktu mustajab setiap usai sholat lima waktu.

Dalam Islam, doa agar janin berkembang dengan baik sangat dianjurkan dengan memohon keselamatan dan kesehatan dan kesempurnaat bentuk lahirnya anak. Selain itu mendoakan ibu hamil juga sangat penting, karena ibu merupakan wadah yang membutuhkan kekuatan dan kesabaran dalam mengandung selama sembilan bulan.

Doa Ibu Hamil Dalam Islam Sesuai Tuntunan Syariat:

اللّهُمَّ احْفَظْ وَلَدِيْ فِي بَطْنِيْ وَاشْفِهِ, أَنْتَ الشَّافِيْ لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاءُكَ شِفاَءً عَاجِلاً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا. وَأَنْتَ خَيْرُ مَسْؤُوْلٍ. اللّهُمَّ صَوِّرْهُ فِي بَطْنِيْ صُوْرَةً حَسَنَةً جَمِيْلَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ عَلَى اْلإِيْمَانِ بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ, اللّهُمَّ أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِيْ وَقْتَ وِلاَدَتِه سَهْلاً وَسَلاَمًا وَلاَ مُعَسَّرًا، وَانْفَعْنِيْ بِهِ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ آمِيْنَ, وتَقَبَّلْ دُعَائِيْ كَمَا تَقَبَّلْتَ دُعَاءَ نَبِيِّكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ. اللّهُمَّ احْفَظِ الْوَلَدَ الَّذِى أَخْرَجْتَ مِنْ عَلَمِ الظُّلْمِ إِلَى عَلَمِ النُّوْرِ، وَاجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً عَاقِلاً لَطِيْفًا حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلاً مُبَارَكًا مِنْ كَلاَمِكَ الْكَرِيْمِ حَافِظًا. اللّهُمَّ طَوِّلْ عُمْرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْقُرْاءَنِ وَالْحَدِيْثِ النَّبَوِيِّ بِجَاهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Ya Allah, jagalah anak yang ada dalam kandunganku, berilah ia kesehatan, engkau maha penyembuh tak ada penyembuh selain penyembuh-Mu, penyembuh yang tidak meninggalkan penyakit dan rasa sakit. Engkau sebaik-baiknya Dzat yang diminta. Ya Allah berilah ia rupa dengan rupa yang baik, indah, kuatkanlah hatinya untuk beriman kepada engkau dan rasul-Mu. Ya Allah keluarkanlah ia dari perutku pada waktu kelahirannya dengan mudah, selamat, dan tidak sulit. Jadikanlah ia orang yang berguna di dunia dan di akhirat. Terimalah doaku sebagaimana kau menerima doa nabi-Mu Muhammad SAW. Ya Allah, peliharalah anak yang engkau keluarkan dari alam rahim yang gelap gulita menuju alam dunia yang terang, jadikanlah ia anak yang sehat, sempurna, berakal, lemah lembut, cerdas, pandai, beramal, serta mendapatkan berkah dari firman-Mu yang mulia dan menjaganya. Ya Allah, panjangkanlah umurnya, jadikanlah jasadnya utuh, berilah budi pekerti yang baik padanya, berilah lisan yang fasih, berilah suara yang indah untuk membaca Al Quran dan hadis Nabi dengan perantara derajat pemimpin kami Muhammad saw. Dan segala puji hanya bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Doa Ibu Hamil 4 bulan


Usia 4 bulan adalah usia dimana Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh dan memberikan takdir untung bayi. Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadis shahih:

إنَّ أَحَدَكُم يُجْمَعُ خلقُهُ فِيْ بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْمًا نُطْفَةً، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يُرْسَلُ إِلَيْهِ الْمَلَكُ فيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ، وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ: بِكَتْبِ رِزْقِهِ، وَأَجَلِهِ، وَعَمَلِهِ، وَشَقِيٌّ أَوْ سَعِيْدٌ،

Sesungguhnya salah seorang diantara kalian dipadukan bentuk ciptaannya dalam perut ibunya selama empat puluh hari (dalam bentuk mani) lalu menjadi segumpal darah selama itu pula (selama 40 hari), lalu menjadi segumpal daging selama itu pula, kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh pada janin tersebut, lalu ditetapkan baginya empat hal: rizkinya, ajalnya, perbuatannya, serta kesengsaraannya dan kebahagiaannya.” [Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu].

Maka Ulama memberikan tambahan doa untuk Ibu Hamil Usia 4 bulan agar dalam penciptaan Allah menjadikan bayi sempurna lahir batin. Berikut doa dan amalan yang dimaksud:

1. Membaca Ayat kursi 1x

2. Membaca Surat Al Qodr 1x

3. Membaca Surat Al Insyiroh 1x

Dilanjutkan doa berikut:

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللهِ وَبِاللهِ وَمِنَ اللهِ وَإِلَى اللهِ وَلاَ غَالِبَ إِلاَّ اللهُ وَلاَ يَفُوْتُهُ هَارِبٌ مِنَ اللهِ وَهُوَ  الحَيُّ القَيُّوْمُ نُعِيْذُ هَذَا الْحَمْلَ الْبَالِغَ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ بِاللهِ اللَّطِيْفِ الْحَفِيْظِ الَّذِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيْمُ. وَنُعِيْذُهُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ وَبِأَسْمَائِكَ الْمُعَظَّمَةِ وَأَيَاتِهِ الْكَرِيْمَةِ وَحُرُوْفِهَا الْمُبَارَكَةِ مِنْ شَرِّ اْلإِنْسِ وَالْجَانِّ وَمِنْ مَكْرِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَاْلأَوَانِ وَمِنْ جَمِيْعِ الْفِتَنِ وَالْبَلاَيَا وَالْعِصْيَانِ وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ. اللّهُمَّ اجْعَلْهُ وَلَدًا صَالِحًا كَرِيْمًا كَامِلاً عَاقِلاً عَالِمًا نَافِعًا مُبَارَكًا حَلِيْمًا. اللّهُمَّ زَيِّنْهُ بِزِيْنَةِ اْلأَخْلاَقِ الْكَرِيْمَةِ وَالصُّوْرَةِ الْجَمِيْلَةِ ذِي الْهَيْبَةِ وَالْهَيْئَةِ الْمَلِيْحَةِ وَالرُّوْحِ عَلَى الْفِطْرَةِ الْجَزِيْلَةِ. اللّهُمَّ اكْتُبْهُ فِيْ زُمْرَةِ الْعُلَمَاءِ الصَّالِحِيْنَ وَحَمَلَةِ الْقُرْأَنِ الْعَامِلِيْنَ وَارْزُقْهُ عَمَلاً يُقَرِّبُهُ إِلَى الْجَنَّةِ مَعَ النَّبِيِّيْنَ يَا أَكْرَمَ اْلأَكْرَمِيْنَ وَيَا خَيْرَ الرَّازِقِيْنَ. اللّهُمَّ ارْزُقْهُ وَأُمَّهُ فِيْ طَاعَتِكَ الْمَقْبُوْلَةِ وَذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ الْمَرْضِيَّةِ وَاحْفَظْهُ مِنَ السِّقْطِ وَالنَّقْصِ وَالْعِلَّةِ وَالْكَسَلِ وَالْخِلْقَةِ الْمَذْمُوْمَةِ حَتَّى وَضَعَتْهُ أُمُّهُ عَلَى صِحَّةٍ وَعَافِيَةٍ وَسُهُوْلَةٍ وَيُسْرَةٍ مِنْ غَيْرِ مَرَضٍ وَتَعَبٍ وَعُسْرَةٍ بِشَفَاعَةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Upacara dan Doa Ibu Hamil 7 Bulan


Usia kandungan tujuh bulan adalah saat dimana seorang wanita mulai merasakan bobot dan beban kandungan. Sehingga saat itu hendaknya orang tua banyak bersedekah dan berdoa, seperti ketika menyambut umur empat bulan kandungan (ngapati). Pada Tradisi Jawa upacara pada usia tujuh bulan disebut mitoni atau tingkepan. Upacara itu dilakukan, dengan harapan agar sang bayi yang sedang dalam kandungan diberian keselamatan. Doa yang dipanjat-kan adalah doa di bawah ini:

1. Alfatihah 1x

2. Surat Al Falaq 1x

3. Surat An Nas 1x

4. Ayat Kursi 1x

5. Dapat juga ditambahkan Surat Yusuf dan Maryam

Dilanjutkan doa berikut:

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنَا مِنْ آفَاتِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ اْلآخِرَةِ فِتْنَتِهِمَا وَفَضِيْحَتِهِمَا، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ. اَللّهُمَّ سَلِّمْ جَنِيْنَهَا وَعَافِ مَا فِيْ بَطْنِهَا مِمَّا نَرْجُوْهُ وَنَخَافُ، سَلاَمٌ عَلَى نُوْحٍ فِي الْعَالَمِيْنَ، إِنَّا كَذَلِكَ نَجْزِى الْمُحْسِنِيْنَ، اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْئَلُكَ بِجَاهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ تُصَلِّيَ عَلَيْهِ وَأَنْ تُسَلِّمَ  جَنِيْنَهَا مِنَ الآفَاتِ وَالْعَاهَاتِ وَالأَمْرَاضِ وَعَنْ أُمِّ مُلْدِنْ، بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا. اَللَّهُمَّ يَا مُبَارِكُ بَارِكْ لَنَا فِى اْلعُمْرِ وَالرِّزْقِ وَالدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْوَلَدِ اَللَّهُمَّ يَا حَافِظُ اِحْفَظْ وَلَدِى مَادَامَ فِى بَطْنِ أُمِّهِ وَاشْفِهِ مَعَ أُمِّهِ أَنْتَ الشَّافِيْ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاءُكَ وَلاَ تُقَدِّرُهُ سَقَامًا وَلاَ مَحْرُوْمًا. اللّهُمَّ صَوِّرْ مَا فِى بَطْنِهَا صُوْرَةً حَسَنَةً جَمِيْلَةً كَامِلَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ عَلَى اْلإِيْمَانِ بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ. اللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمْرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْقُرْأَنِ الْعَظِيْمِ وَالْحَدِيْثِ بِجَاهِ سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْنَ.

Penutup

Demikian Doa Untuk Ibu Hamil Agar Selamat Dan Bayi Sehat, Semoga Bermafaat. Dan semoga  Doa Untuk Ibu Hamil Agar Selamat Dan Bayi Sehat, menjadi bekal kita dalam menanti dzurriyatan thoyyibah. Amin

Posting Komentar untuk "Doa Untuk Ibu Hamil Agar Selamat Dan Bayi Sehat"