Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Google Drive

 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Google Drive

Google drive menjadi tampat penyimpanan file secara online yang populer akhir-akhir ini. Karena kemudahan dalam akses dan tersedia kuota gratisnya. Pastinya kamu juga punya file yang disimpan di google drive kan?. Lantas bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di googledrive karena kurang teliti saat menghapus file lainnya akan dibahas pada artikel berikut ini.


Google drive memberikan kuota penyimpanan gratis sebesar 15 GB yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai jenis file seperti dokumen, foto, hingga berkas terkompresi. Google drive juga banyak digunakan untuk membackup data penting baik data pribadi maupun data perusahaan. Disamping keamanan data terjamin juga kemudahaan dalam mengakses file yang tersimpan juga sangat mudah.

Untuk mengakses file di google drive bisa langsung menggunakan ponsel maupun dengan laptop asalkan tersedia jaringan internet. Karena google drive bersifat cloud storage atau penyimpanan online. Untuk kecepatan akses ke server google drive di Indonesia juga terbilang cepat karena tersedia server google di Indonesia.

Lalu bagaimana jika tanpa sengaja menghapus file yang ternyata masih diperlukan? cara mengembalikan file yang terhapusdi google drive dapat dilakukan baik lewat smartphone maupun pc. Lebih detailnya ikuti langkah langkah dibawah ini :

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Google Drive

Jika menggunakan smartphone kamu perlu mengunduh aplikasi google drive dahulu yang sudah tersedia di playstore maupun appstore.

1.      Langkah pertama download aplikasi google driver

2.      Buka aplikasi dan login menggukan akun google yang sudah terdaftar.

3.      Jika sudah login arahkan ke menu.

4.      Di bagian menu pilih pilihan Sampah atau Trash.

5.      Di menu trash atau sampah ini kamu bisa menemukan file apa yang sudah terhapus baik sengaja maupun tanpa disengaja.

6.      Jika sudah menemukan file mana yang ingin dikembalikan, tinggal pilih file tersebut lalu tekan tahan dan pilih pulihkan dan tunggu hingga proses recovery selesai.

7.      Jika sudah selesai coba cek di halaman awal google drive atau di folder terakhir dimana file tersimpan sebelum terhapus.

Cara Mengembalikan File Google Drive Yang terhapusmelalui PC

Jika menggukana PC atau Laptop caranya juga hampir sama dengan menggunakan smartphone. Tetapi tanpa menggunakan aplikasi tambahan hanya membutuhkan browser saja. Untuk browser sendiri bisa menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, maupun Opera browser.

Untuk memulai cara mengembalikan fileyang terhapus di google drive lewat pc bisa langsung mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

1.      Buka browser favorit kamu.

2.      kunjungi drive.google.com

3.      Jika sudah terbuka login menggunakan akun google yang filenya akan dikembalikan.

4.      Sama seperti saat menggunakan smartphone di bagian menu dalam google drive pilih pilihan sampah atau trash.

5.      Bila sudah terbuka dan ketemu file mana yang ingin dipulihkan, lalu klik kanan pada file tersebut dan pilih pulihkan.

6.      Tunggu hingga proses recovery selesai.

7.      Jika proses pemulihan file selesai maka file akan kembali ke lokasi dimana file berada sebelum dihapus tadi.

Menghapus file di menu sampah ini akan dihapus secara permanen. Jadi berhati-hatilah jika mengosongkan file di menu sampah ini. Tetapi jika dirasa filenya sudah tidak diperlukan lagi sebaiknya dihapus saja langsung karena file yang sudah dihapus dan masuk ke menu sampah ini juga masih akan menggunakan kuota gratis yang 15GB tadi. File yang berada di menu sampah ini juga akan dihapus secara otomatis tetapi masih akan bertahan selama 30 hari sejak file dimasukkan.

Posting Komentar untuk " Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Google Drive "

TINTA SANTRI

Bantu Subscribe Channel YouTube Kami dengan Klik Disini