Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menyimpan File di Google Drive Android Agar Aman

 Cara Menyimpan File di Google Drive Android Agar Aman

Menyimpan file di google drive memberikan kemudahan dalam akses seperti membuka dan mengedit dari perangkat manapun dan kapanpun. Cara menyimpan file di google drive android terbilang sangat mudah. Karena hanya dengan mendaftar akun google saja sudah akan mendapatkan penyimpanan gratis sebesar 15 GB.

Google drive merupakan tempat penyimpanan secara online (cloud storage) produk dari google yang sudah banyak digunakan di Indonesia. Selain gratis kuota 15 GB kecepatan akses ke server google drive juga sangat cepat. Kecepatan akses ini juga menjadi salah satu alasan banyak yang menyimpan file di google drive dari pada penyimpanan online lainnya.

KelebihanMenyimpan File di Google Drive

Beberapa kelebihan jika menggunakan google drive adalah :

1.      Gratis kuota penyimpanan sebesar 15 GB.

2.      Akses cepat dan mudah.

3.      Aman dari virus.

4.      Mudah untuk menshare ke semua orang atau beberapa orang saja.

5.      Bisa untuk bermacam-macam file.

6.      Mudah dalam mengorganisir file karena bisa disimpan dalam folder yang terpisah.

7.      Bisa langsung mengedit dokumen semacam word dan Excel.

8.      Bisa digunakan untuk backup data smartphone maupun PC/Laptop.

9.      Bisa juga untuk backup data website.

10.  Dapat membeli kuota penyimpanan tambahan.

Semua kelebihan diatas bisa langsung dinikmati kecuali tambahan kuota penyimpanan akan dikenakan biaya berdasarkan jumlah penyimpanannya. Harganya pun juga tidak terlalu mahal.

- Kapasitas penyimpanan 100 GB harga mulai dari IDR 26.900/bulan pembayaran pertahun akan lebih murah menjadi IDR 269,000/tahun.

- Kapasitas penyimpanan 200 GB harga mulai dari IDR 43,000/bulan pembayaran pertahun akan lebih murah menjadi IDR 430,000/tahun.

- Kapasitas penyimpanan 2TB harga mulai dari IDR 135,000/bulan pembayaran pertahun akan lebih murah menjadi IDR 1,350,000/tahun.

Harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari google sendiri.

Cara Menyimpan File di Google Drive Android

Cara menyimpan file di google drive android langkah-langkahnya sebagai berikut :

1.      Buka aplikasi Google Drive

2.      Pilih ikon (+) atau Tambahkan

3.      selanjutnya pilih Upload

4.      Lalu tinggal pilih saja file mana yang ingin disimpan ke Google Drive. Bisa satu-satu bisa juga langsung secara masal (banyak file).

5.      Tunggu hingga proses Upload selesai.

Secara default jika proses upload sudah selesai file yang diupload tadi akan berada di beranda awal google drive atau berada di file saya. Untuk merapikan dan mengelompokan bisa sangat mudah karena sudah tersedia pilihan untuk membuat folder baru di dalam google drive. Selain itu ada juga pilihan untuk men-copy atau memindahkan file.

Jika ingin menshare ke pengguna lain bisa dengan cara ketuk tahan pada file atau folder mana yang ingin di share lalu pilih bagikan. Pada pilihan bagikan ini akan ada pilihan untuk dibagikan kepada semua orang yang mempunyai link secara langsung atau harus minta persetujuan dahulu. Atau bisa juga dengan menginvite pengguna menggunakan email mereka.

Karena google drive adalah cloud storage atau penyimpanan online Cara menyimpan file di google drive android akan membutuhkan akses internet untuk penggunaanya. Kecepatan upload juga tergantung dengan kecepatan internet yang tersedia. Jadi disarankan untuk menggunakan jaringan Wifi saja agar lebih cepat dalam proses Uploadnya.

Di aplikasi google drive sendiri juga sudah ada menu untuk menonaktifkan upload ketika berada di jaringan seluler. Menu ini tersedia di setelan> penggunaan data> tinggal aktifkan hanya melalui wifi saja. Hal ini sangat disarankan jika mempunyai kuota seluler yang terbatas.

Soal keamanan file di google drive itu semua tergantung bagaimana keamanan akun gmail yang digunakan. Karena masalah virus sebelum mengupload file akan terscan secara otomatis jadi file yang disimpan sudah terbebas dari virus.

Posting Komentar untuk " Cara Menyimpan File di Google Drive Android Agar Aman "

TINTA SANTRI

Bantu Subscribe Channel YouTube Kami dengan Klik Disini