Faidah, Keutamaan, Dan Pahala Membaca Shalawat Fatih - TINTA SANTRI

Faidah, Keutamaan, Dan Pahala Membaca Shalawat Fatih

Faidah, Keutamaan, Dan Pahala Membaca Shalawat Fatih
Faidah, Keutamaan, Dan Pahala Membaca Shalawat Fatih

TintaSantri.Com - Kali ini Ngadmin akan membagikan sebuah shalawat yang sudah sangat masyhur di masyarakat kita, yaitu Shalawat Fatih. Ngadmin kasih judulnya Faidah, Keutamaan, Dan Pahala Membaca Sholawat Fatih.

Redaksi Shalawat Fatih

Redaksi Shalawat Fatih baik dalam Bahasa arab ataupun Indonesia serta terjemahnya agar dalam pembacaan kita tidak salah makhroj serta yakin dan mantab dengan kandungan maknanya

Redaksi Arab :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ۞ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ ۞ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ ۞ نَاصِرِ الحَقِّ بِالحَقِّ ۞ وَالهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ المُسْتَقِيمِ ۞ وَعَلَى آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيمِ ۩.

Redaksi Indonesia :

Allahumma Shalli ‘Alaa Sayyidina Muhammad. Al Faatihi limaa Ughliqo, Wal Khootimi Limaa Sabaqo, Naashiril Haqqi Bil Haqq, Wal Haadii Illa Shiroothikal Mustaqiimi, Wa’ala Aalihi Haqqo Qodrihii Wamiqdaarihil Adhiimi.

Terjemahannya: “Ya Allah curahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang dapat membuka sesuatu yang terkunci, penutup dari semua yang terdahulu, penolong kebenaran dengan jalan yang benar, dan petunjuk kepada jalanmu yang lurus. Semoga Allah mencurahkan rahmat kepada beliau, kepada keluarganya dan kepada semua sahabatnya dengan sebenar - benar kekuasaannya yang Maha Agung”.

Faidah Shalawat Fatih

Membaca Shalawat Fatih banyak sekali faidah dan manfaatnya, diantara salah satu faidah yang bsar adalah : berdzikir dengan membaca shalawat fatih bisa merubah taqdir yang sudah tertulis di kitab lauhim mahfudh. Hal tersebut bisa kita simak dari kutipan cerita brikut :

Nabiullah Al-Khidhir alaihis salam berkata; Aku pernah bertanya kepada Auliya (para Wali) mengenai amalan yang dapat menghapus nama seseorang dari catatan celaka menjadi orang bahagia. Maka tidak ada di antara para Auliya yang memberikan jawaban. Hingga aku mendatangi Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dan menggulirkan pertanyaan tersebut kemudian beliau menjawab: Amalan yang dapat menyelamatkan sesrorang dari deretan nama orang sial menjadi orang bahagia adalah dengan memperbanyak shalawat kepadaku.

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 258.

النبي ﷺ سكن المدينة فزال عنها المرض وصارت محروسة بالملائكة، فكيف إذا سكن قلبك! 

Nabi ﷺ menghuni kota Madinah, lalu hilanglah segala penyakit dari sana, dan kota itu pun dijaga oleh malaikat. Maka bagaimana jika Beliau  (Nur Rasullullah) menghuni hatimu....?

Ketika seorang hamba bersholawat pada Rosulullah saw, maka bersambung ruhnya dengan ruh Rosulullah saw. Dan akan terus bersambung dan tidak terputus kecuali jika ia berhenti bersholawat .

Syaikh At-Tijani Dan Sholawat Fatih

Syekh Ahmad Bin Muhammad Attijani رضي الله عنه berkata :

Aku mulai menyibukkan diri membaca sholawat fatih ketika aku kembali dari haji menuju tilimsan karena aku telah melihat keutamaannya iaitu sekali nilainya sama dengan 600 ribu sholawat lain sebagaimana yang ada dalam WIRID ALJUYUB.

pemilik wirid itu menyebutkan bahwa orang yang pertama memperoleh sholawat fatih yaitu Sidi Muhammad Al Bakri Assiddiqi yang tinggal di mesir, beliau adalah seorang wali qutb berkata : Sesungguhnya barangsiapa yang membaca sholawat fatih sekali dan ia tidak masuk ke syurga, maka hendaklah ia menangkap/menuntut pemiliknya (beliau sendiri) disisi Allah swt.

Dan aku tetap membacanya sampai aku berangkat dari tilimsan menuju Abu samghun, tatkala aku melihat sholawat yang pahalanya sekali sama dengan menghatamkan 70 ribu kali dalailul khoirot kutinggalkan sholawat fatih dan kusibukkan diriku membaca sholawat tersebut karena melihat fadlilahnya yang sangat besar, kemudian Rasulullah صلى الله عليه وسلم memerintahkanku agar kembali membaca sholawat fatih, tatkala beliau SAW memerintahkanku untuk kembali membaca sholawat fatih,aku bertanya padanya tentang keutamaan sholawat fatih,

pertama beliau SAW memberitahuku bahwa sekali sholawat fatih menyamai pahala 6 x khatam qur'an, kemudian beliau SAW memberitahuku lagi bahwa sekali sholawat fatih menyamai semua tasbih yang ada dialam semesta dan menyamai semua zikir, doa yang besar mahupun kecil dan menyamai pahala khatam qur'an 6 ribu kali, karena qur'an juga termasuk zikir.

Rasulullah SAW bersabda :

ﻣﺎ ﺻﻠﻰ ﻋﻠﻲ ﺍﺣﺪ ﺑﺄﻓﻀﻞ ﻣﻦ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻔﺎﺗﺢ لمااغلق

Artinya : “Tidaklah seseorang membaca sholawat kepadaku dengan sholawat yang paling utama, melainkan ia membaca dengan sholawat fatih limaa ughliq”

Syekhuna Ahmad Attijani rodliyallahu'anhu juga berkata :

"Seandainya para penghuni 7 lapis langit dan seisinya,para penghuni 7 lapis bumi dan seisinya berkumpul untuk menyifati pahala sholawat fatih niscaya mereka tidak akan sanggup."

Beliau rodliyallahu'anhu juga berkata :

"Semua yang telah kalian dengar tentang keutamaan sholawat fatih lima ughliqa dibandingkan dengan keutamaan yang tersimpan hanyalah seperti setitis dalam lautan."

Tingkatan Keutamaan Sholawat Fatih.

Sholawat AL-FAATIH memiliki 8 martabat keutamaan, di bawah ini hanya keutamaan pada martabat yang pertama saja, sedangkan yang lainnya dirahasiakan oleh Allah SWT, diantaranya adalah:

1. Membaca Shalawat Al-Fatih 1x setiap hari dijamin hidup bahagia dunia dan akhirat

2. Membaca Shalawat Al-Fatih 1x menghapus semua dosa

3. Membaca Shalawat Al-Fatih 1x menyamai pahala ibadah semua makhluk di alam semesta ini 6000x lipat

4. Membaca Shalawat Al-Fatih 1x menyamai pahala sholawat yang dibaca oleh seluruh makhluk dari awal diciptakan sampai sekarang 600x lipat

5. Membaca Shalawat Al-Fatih 1x setiap hari, dijamin mati membawa iman (husnul khotimah).

6. Membaca Shalawat Al-Fatih 10x di malam jum’at lebih besar pahalanya daripada ibadah seorang wali yang tidak membaca Shalawat Al-Fatih selama 1 juta tahun.

7. Pahala Shalawat Al-Fatih dapat menutupi dan mengganti kesalahan yang pernah ia lakukan terhadap orang lain, sehingga ia dapat mengganti tuntutannya di hari kiamat.

8. Membaca Shalawat Al-Fatih 100x di malam jum’at menghapus dosa 400 tahun.

Syekh Ahmad At-Tijany ra. berkata:

”Keistimewaan Shalawat Al-Fatih sangat sulit diterima oleh akal, karena ia merupakan rahasia Allah SWT yang tersembunyi. Seandainya ada 100.000 bangsa yang setiap bangsa itu terdiri dari 100.000 kaum, dan setiap kaum terdiri dari 100.000 orang, dan setiap orang diberi umur panjang oleh Allah SWT sampai 100.000 tahun, dan setiap orang bersholawat kepada nabi setiap hari 100.000 x, semua pahala itu belum dapat menandingi pahala membaca Shalawat Al-Fatih 1x.

Pahala Sholawat Fatih Tidak Bisa Disifati

قال رضي الله عنه، لواجتمع اهل السموات السبع ومافيهن والارضين السبع ومافيهن على ان يصفواثواب الفاتح لماٱغلق ماقدرو. 

" Syeikh Ahmad Tijani رضي الله عنه. Berkata, " Seandainya ahli penghuni Tujuh lapis Langit dan penghuni tujuh lapis bumi dan seluruh isinya mensifati pahala SHALAWAT FATIH, tentu mereka tidak akan mampu. "

الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ ★ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ۞ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ ۞ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ ۞ نَاصِرِ الحَقِّ بِالحَقِّ ۞ وَالهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ المُسْتَقِيمِ ۞ وَعَلَى آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيمِ ۩

"Sayyidi Assyekh AlQutb Almaktum Ahmad bin Muhammad Attijany rodliyallah 'anhu berkata :

Diriwayatkan bahwa manusia adalah sepersepuluh nya jin,jin dan manusia adalah sepersepuluhnya hewan-hewan di daratan...jin,manusia dan semua hewan yang ada di daratan adalah sepersepuluhnya hewan-hewan yang ada dilautan...jin,manusia dan semua hewan di darat dan di laut adalah sepersepuluhnya jumlah malaikat yang diwakilkan dibumi...semua malaikat yg diwakilkan dibumi,jin, manusia,hewan darat dan laut adalah sepersepuluhnya malaikat yang ada di langit bumi(langit pertama)...semua malaikat yang ada di langit pertama adalah sepersepuluhnya malaikat yang ada di langit kedua... Dan begitu seterusnya sampai ke langit ketujuh...

"Semua malaikat yang ada dilangit ketujuh digabung dengan semua malaikat yang ada dibumi, dilangit 1-6,jin,manusia,semua hewan darat dan hewan laut hanya segelintir jika dibanding dengan jumlah malaikat yang ada di kursi...kemudian semua malaikat yang ada dikursi sepersepuluhnya malaikat yang ada dalam satu kemah dari kemah-kemah yang ada di 'arsy yg jumlah kemah tersebut ada 600 ribu kemah...panjang,lebar dan tingginya kemah-kemah tersebut jika dibandingkan dengan 7 lapis langit dan 7 lapis bumi hanyalah seperti ukuran sesuatu yang kecil...semua kemah-kemah tersebut dipenuhi dengan para malaikat, ada yang sujud,ruku' atau berdiri.mereka semua bertasbih dan memuji Allah swt... Kemudian semua malaikat yang ada di kemah-kemah tersebut dibandingkan dengan para malaikat yang berkeliling disekitar 'arsy seperti tetesan-tetesan hujan di laut, tidak ada yang mengetahui berapa banyak jumlah mereka kecuali Allah swt...

"Dikatakan bahwa disekitar 'arsy ada 70 ribu sof malaikat yang mengelilinginya,mereka bertahlil dan bertakbir...dibelakang mereka ada 70 ribu malaikat yang berdiri,mereka meletakkan kedua tangan mereka diatas pundak-pundak mereka sambil bertahlil dan bertakbir dengan suara yang keras...dibelakang mereka ada lagi seratus ribu sof malaikat,mereka meletakkan tangan kanan mereka diatas tangan kiri,tidak ada seorangpun dari mereka kecuali bertasbih dengan tasbih yang sama dengan yang lainnya...

"Semua malaikat tersebut adalah sebagian kecil dari malaikat lauh(para malaikat yang ada di lauhul mahfuzh) yg mereka adalah pengikut nya malaikat isrofil 'alaihissalam...

Dikatakan bahwa jarak diantara 2 tiang dari tiang-tiang 'arsy seperti terbangnya burung yang sangat cepat selama 80 ribu tahun...dikatakan bahwa 'Arsy memiliki 366 tiang,ukuran setiap tiang seperti 60 ribu kali besarnya dunia...diantara 2 tiang ada 60 ribu shohro'(gurun/tanah lapang),setiap shohro' ada 60 ribu alam...

"Dan diatas 'Arsy ada 70 hijab,setiap hijab berjarak 70 ribu tahun,diantara setiap hijab ke hijab yang lain berjarak 70 ribu tahun...dan semua hijab tersebut dipenuhi dengan para malaikat yang mulia...begitu juga diatas 70 hijab dari alam ARROQQO...

"Semua malaikat tersebut bersholawat 10x pada orang yang bersholawat pada Nabi saw 1x... Begitulah seterusnya dan selama-lamanya banyak atau sedikitnya... Ini untuk selain SHOLAWAT FATIH...

"Adapun sholawat Fatih,maka sesungguhnya barang siapa yang bersholawat 1x dengan sholawat fatih,maka akan ditulis baginya pahala semua sholawat yang muncul dari semua malaikat dialam semesta ini dengan 600 ribu sholawat ditambah lagi 10x sholawat semua malaikat atasnya...ini untuk org-orang beriman secara umum...

Adapun orang yang dikhususkan oleh Allah swt dari ahli mahabbatihi (orang - orang yang iacintai) seperti orang yang Allah swt berikan padanya daerah kekuasaan tertentu...maka sesungguhnya semua malaikat berdzikir bersamanya dengan semua lidah-lidahnya apabila ia membaca nya(sholawat fatih) banyak maupun sedikit, dan begitulah seterusnya...

Dan dzikir setiap lisan dari malaikat dilipatgandakan atas dzikir manusia dengan sepuluh kali lipat...

Dikutip dari kitab :

(AL ISYARAT AL 'ULWIYAH LISAYYIDI AHMAD ATTIJANY RODLIYALLAH 'ANHU oleh ASSYEKH ASSYARIF ALI HAROZIM ALHASANI ATTIJANY RODLIYALLAHU 'ANHU)

Demikian Tulisan Ngadmin mengenai Faidah, Manfaat dan Pahala Membaca Sholawat Fatih. Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Faidah, Keutamaan, Dan Pahala Membaca Shalawat Fatih"