Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

SSD VS HDD Mana Yang Paling Baik Untuk Anda?

Bagi Anda melilih penyimpanan baik itu laptop atau komputer tidak hanya membandingkan harga dan kapasitas, tapi perlu diperhatikan kecepatnnya  karena dapat berpengaruh terhadap performanya.

SSD (Solid State Drive) dan HDD (Hard Disk Drive) merupakan dua media penyimpanan utama yang menjadi pertimbangan dan sangat penting diketahui sebelum membeli laptop atau komputer. Untuk mengetahui perangkat penyimpanan yang tepat, sebaiknya kamu harus mengetahui perbedaan perangkat penyimpanan SSD dan HDD.

Apakah itu SSD...?

SSD merupakan perangkat penyimpanan yang datanya di simpan dalam Integrated sirkuit. Perbedaan SSD dan HDD terdappat pada performa dan ukurannya. SSD tidak membutuhkan cakram atau komponen bergerak, SSD dapat mengurangi  bentuk dan dan ukurannya bisa menjadi lebih kecil. Kapasitas data yang bisa di simpan tentunya bervariasi. SSD ketika booting tidak membutuhkan waktu lama karena tidak menungguberputar. Untuk Harga SSD memang lebih mahal daripada HDD.

Apa itu HDD...?

HDD Merupakan perangkat keras penyimpanan yang terdapat  di dalam laptop atau komputer. Kalau SSD tidak memliki cakram sebaliknya HDD memiliki cakram yang berputar dibantu motor penggerak menggunakan kecepatan tinggi. HDD sudah ada sejak dulu sebelum hadirnya SSD. HDD tersedia dalam dua ukuran yaitu HDD 2,5 inch untuk laptop dan 3,5 inch untuk komputer, untuk harga HDD tentunya lebih murah daripada SSD.

SSD vs HDD

SSD dan HDD mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai tempat penyimpanan aplikasi, file, music, gambar, sistem operasi, dll. Perbedaan SSD vs HDD terletak pada teknologi yang digunakan untuk menerima dan menyimpan data. Berikut ini adalah perbandingan perbedaan SSD vs HDD.

  • Harga SSD lebih mahal daripada HDD
  • Kapasitas SSD lebih kecil daripada HDD
  • SSD lebih cepat daripada HDD
  • Kapasitas watt lebih hemat SSD daripada HDD
  • SSD tidak ada suara, sedangkan HDD ada suara
  • Ketika Booting SSD lebih Cepat daripada HDD
  • Dalam ketahanan HDD tidak tahan benturan jadi membawanya harus hati-hati, sedangkan SSD lebih tahan benturan. 

Apabila kamu menginginkan kapasitas yang besar dengan biaya yang lebih murah, maka ada baiknya Anda memilih HDD. Untuk ketahanan SSD dan HDD lebih baik cek review para pengguna. 

Nah, manakah yang lebih tepat untuk kamu?

Itu semua tergantung pada kebutuhan kamu. SSD memang lebih cepat dan hemat daya, tapi HDD lebih terjangkau apabila kamu membutuhkan kapasitas yang besar. Tapi apabila Anda menginginkan keduanya solusinya adalah dengan memasang SSD dan HDD pada laptop atau komputer kamu.

Posting Komentar untuk " SSD VS HDD Mana Yang Paling Baik Untuk Anda? "

TINTA SANTRI

Bantu Subscribe Channel YouTube Kami dengan Klik Disini