Hari Batik Nasional 2021: Sejarah, Ucapan Dan Twibbon. - TINTA SANTRI

Hari Batik Nasional 2021: Sejarah, Ucapan Dan Twibbon.

 


TintaSantri.com - Setiap tahun, Hari Batik Nasional jatuh pada tanggal 2 Oktober. Pada tahun 2021 ini, Hari Batik Nasional akan diperingati pada Sabtu 2 Oktober 2021. Kali Ngadmin akan berbagi tentang Hari Batik Nasional: sejarah, ucapan dan twibbon.

Hari Batik Nasional diperingati pada 2 Oktober setiap tahun. Pada peringatan tahun pertamanya, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta seluruh elemen masyarakat untuk menggunakan batik setiap tanggal 2 Oktober sebagai bentuk perayaan Hari Batik Nasional.
Peringatan ini dilakukan sejak 2009, saat batik memperoleh pengakuan dunia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk budaya Lisan dan Non-Bendawi oleh United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).
Menurut UNESCO ICH dalam Iwearbatik, batik memiliki makna keragaman budaya, identitas masyarakat, serta kelompok individu yang harus dihormati seutuhnya. Nilai-nilai yang melekat pada batik di antaranya:
1. Teknik produksi;
2. Ekspresi budaya dan makna sosial budaya;
3. Aturan pemakaian khusus;
4. Kuatnya karakter pemberdayaan sosial dalam tradisi membatik.
Kain katun maupun sutra yang digambar dan diwarnai langsung menggunakan lilin dengan canting disebut juga sebagai batik. Kerajinan batik merupakan identitas budaya masyarakat Indonesia. Makna simbolis dari desain serta warna mengekspresikan kreativitas dan spiritualitas.

Sejarah Batik

Istilah “batik” berasal dari bahasa Melayu yang dirangkai dari kata ‘amba’ yang memiliki arti kain yang lebar dan ‘tik’ yang berasal dari kata ‘titik’. Dengan demikian, batik merupakan titik-titik yang digambar pada kain yang lebar hingga membentuk suatu pola indah.
Periode Pertama (5000 SM-Abad ke-5)
Tekin pewarnaan menggunakan lilin telah digunakan di sepanjang jalur perdagangan di Mesir dan India. Kain nila lilin yang berada di makam Firaun pada 5 SM menandakan bahwa penggunaan lilin dalam produk tekstil telah ada pada zaman kuno. Kain batik tertua di Indonesia ditemukan di Kabupaten Toraja di Pulau Sulawesi.
Periode Kedua (Abad ke-5 -Abad ke-8)
Berdasarkan dari beberapa temuan arkeologis tekstil, teknik pewarnaan wax-resist juga digunakan di beberapa daerah di Asia, seperti Cina dan Jepang. Teknik pewarnaan wax-resist diadopsi secara besar-besaran oleh pengrajin tekstil kuno selama periode Nara (710-785) dan Periode Heian (795-1195).
Periode Ketiga (Abad ke-8 – Abad ke-15)
Jalur perdagangan Gujarat, India ke Selat Malaka (perbatasan Indonesia dan Malaysia) dibangun pada abad ke-8. Pada abad ini, banyak kerajaan-kerajaan di kepulauan Indonesia yang melakukan perdagangan tekstil.
Dalam kitab Kakawin Ramayana Jawa Kuno (Hindu-Budha periode 870 M), batik tersusun dari kata “tika”, yang berarti lukisan suci. Batik juga berasal dari kosakata bahasa Jawa, yakni “amba” berarti lebar, dan “titik” berarti (membuat) titik-titik untuk membentuk garis.
Batik juga memiliki arti lain yang mengacu pada ungkapan Jawa: “Mbatik Manah”, yang berarti melukis dengan sepenuh hati.
Periode Keempat (Abad ke-15-Abad ke-19)
Munculnya kerajaan-kerajaan Islam memengaruhi konsepsi motif batik serta filosofi maknanya.
Periode Kelima (Abad ke-19)
Persebaran batik selama berabad-abad membuat adanya hubungan antar negara di Asia Tenggara (Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, Vietnam, Filipina, Brunei, Myanmar (Burma), Kamboja, dan Laos).
Motif-motif pada batik terinspirasi dari pengaruh Jepang, India, Cina, dan Belanda, yang menghasilkan kekayaan warna dan motif. Seni batik kemudian menyebar ke seluruh kepulauan Indonesia, dan kemudian ke Semenanjung Malaya.
Meskipun sebagian besar kain batik sekarang dihias dan dijahit dengan mesin, masih ada keinginan untuk tekstil tradisional yang berkualitas tinggi dan buatan tangan.
Saat ini, para perajin terampil, program pendidikan seperti yang dimulai pada tahun 2005 oleh Museum Batik di Kota Pekalongan, Indonesia, serta pameran serupa, terus mentransmisikan warisan budaya batik, yang membantu melestarikan warisan Jalur Sutra.

Ucapan Hari Batik Nasional 2021

Selain, memakai baju batik, kita juga tidak lupa memberikan ucapan Selamat Hari Batik Nasional 2021 kepada orang-orang terdekat.
Apa saja ucapan Hari Batik Nasional 2021 yang cocok diberikan untuk orang terdekat seperti keluarga dan teman? 

Selamat Hari Batik Nasional 2021. Lestarikan budaya bangsa. Kami bangga pakai batik!

Batik bukan cuma antik tapi juga otentik. Karena ini adalah warisan budaya bangsa Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional.

Dalam memeriahkan Hari Batik Nasional, tak ada salahnya mengutip lirik lagu Slank: Kota Batik di Pekalongan, bukan Jogja Bukan Solo. Gadis cantik jadi pujaan, jangan jahat, jangan bodo.

Batik jadi identitas Indonesia. Jangan mau direbut bangsa lain. Banggalah pakai batik setiap saat.

Selamat Hari Batik Nasional 2021. Batik warisan budaya yang adiluhung. Semoga terus mendunia.

Banyak cara menunjukkan diri kita bangsa Indonesia. Lewat Batik adalah salah satunya. Selamat Hari Batik Nasional 2021.

Tak perlu menggambar pakai canting, tak perlu tangan kena lem, tak perlu mencelup berkali-kali ke pewarna, cukup pakai baju batik, kalian sudah turur serta memeriahkan Hari Batik Nasional.

Ayo galakkan gerakan mencintai Batik. Budaya warisan Nusantara jangan luntur dimakan era. Selamat Hari Batik Nasional 2021.
Masih malu pakai batik? Bule aja suka batik lho. Ayo cintai dan pakai batik mulai sekarang di momen Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021.
Ketika baju Batik melekat di tubuh, semua orang di dunia akan tahu dari mana kita berasal. Batik mendunia!
Selamat Hari Batik Nasional 2021. Saatnya pakai batik, biar tambah ganteng dan cantik.
Pilihan politik boleh beda, selera makanan kita enggak sama, tapi soal Batik kita satu suara. Selamat Hari Batik Nasional 2021.
Naik gunung lewat pasar setan. Awas kalau kena sial.
Jangan cuma sibuk main HP kawan? 02 Oktober ini Hari Batik Nasional
Anak itik main di sawah. Sekarang Hari Batik, yuk kita buat meriah.
Belah duren jangan pakai plastik. Biar keren ayo pakai batik. Selamat Hari Batik Nasional 2021.
Buah persik,  buah kedondong. Abang yang pakai batik, boleh kenalan dong. Selamat Hari Batik.
Hai teman, ingat tidak 2 Oktober hari apa? Bukan cuma ingat hari jadian dengan mantan. Hari ini Hari Batik Nasional.
Pakai batik ke kondangan? Cakep tapi sudah biasa. Pakai batik ke kantor? Keren, tapi biasa juga. Pakai batik setiap hari? Ini baru bikin bangga. Selamat  Hari Batik Nasional 2021. 
Pakai cincin akik, katanya bikin beken
Ayo semua pakai Batik, biar tambah keren
Love product from Indonesia, especially Batik. Proud wearing Batik. Happy Batik Day 2021.

Twibbon Hari Batik Nasional 2021

untuk memeriahkan Hari Batik Nasional 2021, inilah link twibbon Hari Batik Nasional 2021 yang bisa kamu bagikan lewat media sosial:

Penutup

Itulah sekilas tentang Hari Batik Nasional 2021 yang dapat kita jadikan bahan renungan untuk meningkatkan kecintaan kita kepada kebudayaan Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional 2021

Posting Komentar untuk "Hari Batik Nasional 2021: Sejarah, Ucapan Dan Twibbon."