Profil Gus Yahya Tsaquf, Ketua PBNU Terpilih

 

Profil Gus Yahya
Gus Yahya Cholil Tsaquf

Muktamar NU 2021 resmi digelar sejak 22-24 Desember 2021 di Lampung. Pada Jumat, 24 Desember pagi hari telah terpilih ketua umum untuk masa khidmat 2021-2026.
Dalam muktamar ke-34 itu terpilih KH Yahya Cholil Staquf terpilih menjadi ketua umum setelah meraih 337 suara, mengungguli petahana KH Said Aqil Siraj yang memperoleh 210 suara.

Berikut ini profil dan biodata lengkap KH Yahya Cholil Staquf, ketua umum PBNU terpilih di Muktamar ke-34 yang diselenggarakan di Lampung.

Untuk lebih mengenal sosok KH Yahya Cholil Staquf, berikut profil dan biodatanya.
Kiai Yahya Cholil Staquf merupakan seorang ulama dan tokoh Nahdlatul Ulama yang saat ini sedang menjabat sebagai Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama’ (PBNU).
Selain itu, ia juga merupakan saudara kandung dari Menteri Agama yang saat ini menjabat yakni KH. Yaqut Cholil Qoumas.
Beliau juga merupakan putra dari KH. Muhammad Cholil Bisri yajni salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kiai Yahya juga dikenal luas sebagai pengasuh Pondok Pesantren Roudlotut Tholibien Leteh, Rembang, Jawa Tengah.

Beliau dididik dari masa kanak-kanak awal pendidikan formal dan spiritual pertama oleh ayahnya, kakek dan pamannya, dari keluarga Bisri yang terkenal dari Rembang, Jawa Tengah, dan selanjutnya dari KH Ali Maksum (1915-1989) dirumahnya sekaligus merupakan madrasah di Yogyakarta.
Riwayat pendidikan Gus Yahya tercatat pernah menimba ilmu di pesantren dan beliau adalah murid KH. Ali Maksum di Madrasah Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta.
Pada jenjang pendidikan tinggi, beliau tercatat pernah menempuh pendidikan pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Gadjah Mada.
Pada saat menjadi mahasiswa, beliau juga aktif dalam Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Yogyakarta.

Biodata legkap KH Yahya Cholil Staquf:

Nama Lengkap : Yahya Cholil Staquf
Nama Populer : Gus Yahya
Lahir : 16 Februari 1966
Tempat Lahir : Rembang, Indonesia
Agama : Islam
Kebangsaan : Indonesia
Orang tua : Muhammad Cholil Bisri
Kakek : KH. Bisri Mustofa
Saudara : Yaqut Cholil Qoumas

Pendidikan:

1. Madrasah Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta

2. S1 FISIP UGM

Kiprah Politik:

1. Juru Bicara Presiden RI KH Abdurrahman Wahid

2. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) 2014-2019.

Kiprah Organisasi

Katib ‘Aam PBNU

Kiprah Global:

1. Inisiator/pendiri Bayt Ar-Rahmah Li adDa’wa Al-Islamiyah rahmatan Li Al-alamin, institut keagamaan di California, Amerika Serikat. Lembaga ini mengkaji agama Islam untuk perdamaian dan rahmat alam.

2. Tenaga ahli perumus kebijakan pada Dewan Eksekutif Agama Agama di Amerika Serikat-Indonesia yang didirikan berdasarkan perjanjian bilateral yang ditandatangani oleh Presiden Obama dan Presiden Jokowi pada Oktober 2015 untuk menjalin kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia.

3. Didaulat sebagai utusan GP Anshor dan PKB untuk jaringan politik tersebar di Eropa dan Dunia, Centrist Democrat International (CD) dan European People’s Party (EPP). American Jewish Committee (AJC) pernah mengundangnya berpidato tentang resolusi konflik keagamaan.

4. Pada Juni 2018, menjadi pembicara dalam forum American Jewish Committee (AJC) di Israel. Dalam forum ini, Gus Yahya menyuarakan menyerukan konsep rahmat, sebagai solusi bagi konflik dunia, termasuk konflik yang disebabkan agama. Ia menawarkan perdamaian dunia melalui jalur-jalur penguatan pemahaman agama yang damai.

5. Pada 15 Juli 2021, menyampaikan pidato kunci berjudul “The Rising Tide of Religious Nationalism” (Pasang Naik Nasionalisme Religius) dalam perhelatan International Religious Freedom (IRF) Summit, di Washington, DC, Amerika Serikat. : Universitas Gajah Mada dan Pondok Pesantren Al Munawwir.

itulah profil dan biodata lengkap gus yahya. semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *