Tafsir Dan Terjemah Al Qur`an Surat Al Fatihah


Surat Al Fatihah mengandung banyak keistimewaan di dalamnya. Selain disebut sebagai fatihatul kitab atau pembukaan kitab (Al Quran), sabda Rasulullah SAW juga menyebut bahwa surat Al Fatihah merupakan surat yang paling mulia dalam Al Quran.

Adapun terkait kota diturunkannya surat Al Fatihah terbagi menjadi beberapa pendapat di kalangan ulama. Sebagian besar ulama berpendapat bahwa surat Al Fatihah termasuk dalam golongan surat Makkiyah. Artinya, surat ini diturunkan di kota Mekah.

Namun, ada pula beberapa ulama yang berpendapat bahwa surat Al Fatihah diturunkan sebanyak dua kali. Pertama di Mekah, kemudian di Madinah sebagai mubalaghah dalam memuliakannya. Penjelasan kota diturunkannya surat Al Fatihah dapat disimak dalam buku Al-Itqan fi Ulumil Qur'an: Samudra Ilmu-Ilmu al-Qur'an karya Imam Jaluddin al-Suyuthi.

"Ada pendapat yang mengatakan bahwa surat Al Fatihah diturunkan setengah-setengah. Setengahnya di Makkah dan setengahnya lagi di Madinah. Pendapat ini dikemukakan oleh Abu Laits as Samarqandi," bunyi buku Al-Itqan fi Ulumil Qur'an: Samudra Ilmu-Ilmu al-Qur'an.

Tafsir Dan Terjemah QS Al Fatihah Ayat 1

Tafsir Dan Terjemah QS Al Fatihah Ayat 2

Tafsir Dan Terjemah QS Al Fatihah Ayat 3

Tafsir Dan Terjemah QS Al Fatihah Ayat 4

Tafsir Dan Terjemah QS Al Fatihah Ayat 5

Tafsir Dan Terjemah QS Al Fatihah Ayat 6

Tafsir Dan Terjemah QS Al Fatihah Ayat 7

Semoga Bermanfaat