Twibbon Hari Bela Negara 2021

setiap tahunnya diperingati tanggal 19 Desember. Peringatan tahunan ini ditetapkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia tanggal 18 Desember 2006.

Penetapan Hari Bela Negara tak lepas dari perjuangan rakyat Indonesia dalam mempertahankan eksistensi NKRI dari para penjajah. Semangat persatuan, kesatuan, gotong royong dan kebersamaan dalam mempertahankan NKRI terkandung dalam Hari Bela Negara. 

Sejarah Hari Bela Negara

Terdapat peristiwa penting yang melatarbelakangi Hari Bela Negara. Dilansir dari situs Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, peristiwa Agresi Militer II oleh Belanda pada tanggal 19 Desember 1948 menjadi alasan dipilihnya tanggal 19 Desember sebagai tanggal peringatan tahunan.

Kala itu, Belanda melancarkan serangan ke Ibu Kota Indonesia yaitu Kota Yogyakarta. Belanda juga melakukan penangkapan terhadap tokoh-tokoh penting seperti:

  • Presiden Indonesia Ir. Soekarno.
  • Wakil Presiden Indonesia Drs. Mohammad Hatta.
  • Perdana Menteri Mr. Sutan Syahrir.

Agresi militer yang dilakukan oleh Belanda menyebabkan ibu kota negara jatuh. Selanjutnya, pemerintah Indonesia membentuk PDRI di Bukittinggi Provinsi Sumatera Barat.

Prawiranegara diberikan mandat oleh Soekarno untuk menjalankan pemerintahan dengan membentuk dan mendeklarasikan berdirinya PDRI. Pembentukan PDRI di Bukittingi menjadi sebuah tonggak sejarah yang sangat penting dalam upaya menjaga tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Twibbon Hari Bela Negara

Berikut ini adalah twibbon Hari bela negara 2021 yang bisa Anda gunakan dengan gratis pada postingan kali ini.

Twibbon Bela Negara 2021 cocok di buat status di media sosial untuk ikut serta merayakan momentum ini.
Anda bisa pakai twibbon Bela Negara 2021 gratis sebagai bingkai foto di media sosial kamu.
Berikut kami sediakan link twibbon Bela Negara 2021 yang kami rangkum pada postingan ini dari laman twibbonize.
 1. Hari Bela Negara 2021
2. Selamat Hari Bela Negara 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *