Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

2 Cara Mudah Screenshot di Laptop dan Komputer

TintaSantri - - 2 Cara Mudah Screenshot di Laptop dan Komputer | Terkadang kita berpikir sederhana dan gampang ketika ingin melakukan sesuatu, tpi hal sederhana itu  belum tentu mungkin bagi orang lain, dan terkadang sebaliknya, orang lain bisa tapi kita tidak bisa. Hahaha, jadi inget kata bijak "bisa karena udah terbiasa" dan ya itu benar. Kita pasti bisa melakukan sesuatu karena sudah terbiasa, seperti cara screenshot di laptop atau komputer. Hanya beberapa kalangan orang yang bisa karena mereka menggunakannya setiap hari.

Jadi, jika Anda terbiasa belajar atau bekerja dengan laptop atau komputer setiap hari, Anda harus tahu lebih banyak tentang pengoperasiannya. Ada banyak tombol shortcut atau tombol keyboard dengan berbagai fungsi yang berbeda, seperti menghubungkan laptop dan LCD proyektor, menyalakan wifi, cara mengambil screenshot akan kita bahas di sini, dan nanti masih banyak lagi artikel tentang fungsi lain yang tidak bisa dibahas di sini, silahkan tunggu di artikel yang akan saya tulis yaa.

2 Cara Mudah Mengambil Screenshot di Laptop dan Komputer

Oke, mari kita mulai, sebenarnya ada banyak cara untuk mengambil gambar di layar laptop Anda, tetapi di sini ngepetonline.com hanya memberikan 2 contoh, tetapi cara ini sangat ampuh. Cara screenshot ini bisa kamu gunakan di berbagai merk laptop asus, lonovo, hp laptop acer dan laptop merk lain.

Gunakan tombol keyboard "prt sc"

Masih bingung cara screenshot di laptop dan komputer?

Tombol keyboard "prt sc" biasanya berada di pojok kanan atas dengan tombol hapus, jika Anda tidak tahu prt sc itu singkatan dari print screen. Cara menggunakannya sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Prtsc dan konten di layar laptop/komputer Anda akan otomatis di-screenshot.
  2. Sebelum melanjutkan, apa tujuan Anda membuat screenshot ini? (a) Apakah Anda ingin membuatnya menjadi file gambar yang dapat Anda simpan di hard drive Anda sehingga Anda dapat menggunakan file itu lagi untuk melengkapi data atau mengirimkannya ke orang lain. (2) Gunakan screenshot word, powerpoint, dll. untuk melengkapi data dalam laporan.
  3. Jika ingin mengubahnya menjadi file gambar, maka setelah menekan tombol Prtsc buka program paint dan paste disana dengan menekan kombinasi tombol CTRL + V atau menekan tombol paste di menu utama program paint, kemudian simpan file sesuai dengan folder yang anda inginkan. . Software Ini adalah program bawaan Windows yang sederhana dan ringan, tetapi jika Anda ingin mengeditnya lagi, Anda dapat menggunakan Photoshop.
  4. Sekarang jika Anda menginginkannya sebagai laporan teks atau data tambahan lainnya. Anda bisa langsung menekan CTRL+V dan screenshot yang Anda ambil akan otomatis memasukkan data laporan yang Anda buat.

Menggunakan Software Lightshot 

Program ini paling banyak digunakan, dan ya, dengan menggunakan program ini, lebih mudah untuk mengambil screenshot di laptop dan komputer. Sangat fungsional, termasuk:

Cara mengambil screenshot dengan lightot

  1. Berbeda dengan cara di atas, jika cara di atas menyimpan semua yang ada di layar, maka dengan menggunakan Lightshot Anda bisa memilih area yang akan disimpan.
  2. Setelah menekan tombol Prtsc, layar akan meredup dan kursor akan muncul untuk memilih area yang ingin Anda simpan.
  3. Kemudian, setelah Anda memilih area, Anda dapat menambahkan sejumlah opsi menu di area yang ingin Anda simpan, ada alat pena, Anda dapat menambahkan garis, panah, kotak, penanda, dan Anda dapat menambahkan teks.
  4. Jika dirasa cocok, ada pilihan menu di bawah ini yang bisa Anda simpan langsung di laptop Anda sebagai gambar jpg, yang juga bisa Anda salin untuk melengkapi data laporan Anda seperti pada cara di atas. Kemudian Anda dapat memilih untuk print, membagikan ke media sosial, dan mengunggah.

Unduh Lightshot DISINI

Itu saja untuk artikel kali ini tentang cara screenshot laptop dan komputer, jadi kami tetap menyarankan menggunakan program tambahan, Lightshot. Anda dapat melakukan banyak hal hanya dalam 1 langkah.

Posting Komentar untuk " 2 Cara Mudah Screenshot di Laptop dan Komputer "

TINTA SANTRI

Bantu Subscribe Channel YouTube Kami dengan Klik Disini