Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Download Kitab Asroru Shoum Arab Dan Terjemah PDF

 

download kitab pdf, kitab risalatus shiyam pdf, terjemah kitab maqasid as shoum, kitab asraru shaum, kitab bulan ramadhan, terjemahan kitab maqashid shaum pdf, kitab tentang puasa pdf, terjemah kitab risalatus shiyam

TintaSantri.com - kali ini Ngadmin akan membagikan link download Kitab Asroru Shoum arab dan terjemah karya imam ghozali yang secara harfiah berarti rahasia puasa, kitab asrorus shoum ini membahas tentang rahasia ibadah puasa yang diungkapkan secara jelas dan lengkap oleh imam ghozali.

Diantara hal yang harus diperhatikan saat puasa yang dijabarkan imam ghozali dalam kitab asrorus shoum adalah:

  1. Menundukkan mata dan mencegahnya dari memperluas pandangan ke semua yang dimakruhkan, dan dari apapun yang melalaikan hati untuk berdzikir kepada Allah.
  2. Menjaga lisan dari igauan, dusta, mengumpat, fitnah, mencela, tengkar, dan munafik.
  3. Menahan telinga dari mendengar hal-hal yang dimakruhkan. Karena semua yang haram diucapkan, haram pula didengarkan. Allah menyamakan antara mendengar dan memakan perkara haram,“sammaa’uuna lil kadzibi akkaaluuna lis suht”.
  4. Mencegah bagian tubuh yang lain seperti tangan dan kaki dari tindakan-tindakan dosa, juga mencegah perut dari makan barang syubhat ketika berbuka. Mana mungkin bermakna, orang berpuasa dari makanan halal lalu berbuka dengan makanan haram. Ibaratnya seperti orang yang membangun gedung tetapi menghancurkan kota. Nabi Muhammad pernah bersabda, “Banyak sekali orang yang berpuasa namun yang ia dapat hanya lapar dan haus. Ia adalah orang yang berbuka dengan haram. ”Wa qiila, “Ia yang berpuasa lalu berbuka dengan memakan daging sesama, yaitu dengan ghibah.”
  5. Tidak memperbanyak makan ketika berbuka, mengisi perut dan mulut dengan tidak sewajarnya. Maka, apalah arti puasa jika saat berbuka seseorang mengganti apa yang hilang ketika waktu siang, yaitu makan. Bahkan, justru ketika Ramadhan makanan akan lebih beragam. Apa yang tidak dimakan di bulan-bulan selain Ramadhan malah tersedia saat Ramadhan. Padahal, maksud dan tujuan puasa ialah mengosongkan perut dan menghancurkan syahwat, supaya diri menjadi kuat untuk bertakwa.
  6. Supaya hati setelah berbuka bergoncang antara khouf (takut) dan roja’ (mengharap). Karena, ia tidak tahu apakah puasanya diterima dan ia menjadi orang yang dekat dengan Allah, ataukah puasanya ditolak dan ia menjadi orang yang dibenci. Dan seperti itulah adanya di seluruh ibadah ketika selesai dilaksanakan.

Link Download Asrorus Shoum 

Link Download 

Itulah link download Kitab Asrorus Shoum arab dan terjemah, semoga dengan link downoad kitab asrous shoum ini bermanfaat bagi kita semua. Amin

silahkan tinggalkan komentar di kolom dibawah ini

Posting Komentar untuk "Download Kitab Asroru Shoum Arab Dan Terjemah PDF"

TINTA SANTRI

Bantu Subscribe Channel YouTube Kami dengan Klik Disini