Download Kitab Uqudulujain Fi Huquqi Zaujain Terjemah, Makna dan Arab

Tintasantri.com – setelah sebelumnya Ngadmin posting terjemah kitab qurrotul uyun dan terjemah fathul  izar, sekarang Ngadmin akan memberikan link download kitab Kitab Uqudulujain Fi Huquqi Zaujain Terjemah, Makna dan Arab, karena kitab ini cukup penting untuk dipelajari, khususnya bagi mereka yang akan membina bahtera rumah tangga yang baru, link download Kitab Uqudulujain Fi Huquqi Zaujain Terjemah, Makna dan Arab

uqudulujain pdf, uqudulujain terjemah pdf, uqudulujain dan qurrotul uyun, uqudulujain bab 1, uqudulujain terjemah, uqudulujain kitab apa, uqudulujain adalah, uqudulujain bab 2, uqudulujain artinya, uqudulujain bab nikah, kitab uqudulujain, kitab uqudulujain pdf, terjemahan kitab uqudulujain lengkap pdf, kitab uqudulujain membahas tentang, terjemah uqudulujain pdf, terjemahan uqudulujain pdf, terjemah uqudulujain, isi kitab uqudulujain, daftar isi kitab uqudulujain, pengarang kitab uqudulujain

Pengarang kitab Uqudulujain

Kitab Syarah Uqudu al-Lujain fi Bayaani Huquqi al-Jauzain merupakan kitab karangan Syaikh Nawawi bin Umar al-Bantani al-Jawi al-Bantani (w. 1316 / 1898 M). 

Nama lengkap beliau adalah Al-Imaam Al-‘Allaamah Asy-Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Jawi al-Bantani at-Tanari asy-Syafi’i (bahasa Arab: الإمام العلامة الشيخ محمد نووي بن عمر الجاوي البنتني التناري الشافعي‎) atau lebih dikenal Syekh Nawawi al-Bantani (lahir di Tanara, Serang, sekitar tahun 1230 Hijriyah atau 1813 Masehi – wafat di Mekkah, Hijaz, sekitar tahun 1314 Hijriyah atau 1897 Masehi) adalah salah seorang ‘ulama besar asal Indonesia bertaraf Internasional yang menjadi Imam Masjidil Haram di Saudi Arabia. Ia bergelar al-Bantani karena berasal dari Banten, Indonesia. Ia adalah seorang ulama dan intelektual yang sangat produktif menulis kitab, jumlah karyanya tidak kurang dari 115 kitab yang meliputi bidang ilmu fiqih, tauhid, tasawuf, tafsir, dan hadis.

Karena kemasyhurannya, Syekh Nawawi al-Bantani kemudian dijuluki Sayyid Ulama al-Hijaz (Pemimpin Ulama Hijaz), al-Imam al-Muhaqqiq wa al-Fahhamah al-Mudaqqiq (Imam yang Mumpuni ilmunya), A’yan Ulama al-Qarn al-Ram Asyar li al-Hijrah (Tokoh Ulama Abad 14 Hijriyah), hingga Imam Ulama al-Haramain, (Imam ‘Ulama Dua Kota Suci).

Isi kitab Uqudulujain

Beberapa garis besar bahasan dalam kitab Uqudul Lujain antara lain:
  • Hak-hak istri yang wajib dilaksanakan suami
  • Penjelasan hadits-hadits yang menjadi dalil atas besarnya pahala orang yang menggauli istrinya dengan cara yang baik
  • Hikayat yang menunjukan atas besarnya pahala orang yang sabar atas keburukan akhlak istrinya
  • Hak-hak suami yang wajib dilaksanakan istri
  • Penjelasan ayat al-Quran dan Hadits atas pahala orang yang menegakan hak-hak suami
  • Penjelasan keburukan peringan suami dan kebaikan-kebaikan peringai istri
  • Hikayat yang mengisahkan perempuan yang tidak berbicara kecuali dengan al-Quran
  • Penjelasan tipe-tipe perempuan yang masuk neraka dan perempuan yang masuk surga
  • Faidah yang di dalamanya menceritakan datngnya Nabi SAW pada Fatimah anaknya, dan wasiatnya pada Fatimah.
  • Penjelasan shalat perempuan di rumahnya
  • Penjelasan hadits-hadits yang menunjukan keharaman berdandan perempuan ketika tampil keluar rumah
  • Penjelasan haramnya lelaki melihat perempuan ajnabi dan begitu pun sebaliknya
  • Penjelasan sifat-sifat sebagian perempuan dan penjelasan bidah yang menunggainya.
  • Penjelasan kemestian yang mencegah lelaki menyentuh ahlinya

Hak Suami dalam kitab Uqudulujain

Diantara hak suami terhadap istri dijelaskan dalam kitab Syarah Uqudullujain, yaitu ketaatan istri kepada suami di luar kemaksiatan, perlakuan baik istri terhadap suami, kemudian penyerahan diri istri kepada suami. Selain itu adalah mengenai kewajiban istri untuk selalu berada di rumah suami, disamping menjaga diri dari berhubungan dengan laki-laki lain. Tinjauan lain yaitu masalah menutup aurat yakni menutup badan, hal ini dimaksud adalah wanita tidak boleh terlihat orang lain kendatipun wajah dan telapak tangannya.
Kewajaran permintaan dalam arti tidak meminta sesuatu yang berlebihan, walaupun menyadari bahwa suami mampu memberikannya. Terakhir yaitu penampilan selera suci maksudnya sebagai arti dari iifah, kaitannya dengan selera tersebut adalah bahwa istri tampil sebagai wanita yan tidak mau memakan nafkah barang haram. Selanjutnya adalah kejujuran mengenai keberadaan haid maupun ketiadaannya.

Hak Istri dalam kitab Uqudulujain

Terdapat beberapa tinjauan penting berkaitan dengan hak istri atas suami dalam kitab Syarah Uqudullujain, diantaranya adalah perlakuan baik suami terhadap istri. Perlakuan baik disini yang pertama adalah bijaksana dalam mengatur waktu untuk istri. Kedua adalah kehalusan dalam berbicara. Nabi Muhammad SAW menganjurkan agar kaum muslimin berhati lembut terhadap istri serta menunjukkan perilaku yang baik dalam bergaul dengan mereka.Hak istri yang lain adalah mendapatkan nafkah dari suami. Selain itu juga kewajiban suami memberikan pelajaran di bidang keagamaan sesuai dengan kebutuhan istri, baik mengenai masalah-masalah ibadah wajib maupun sunnah. Walaupun sifatnya tidak muakkad atau yang sangat dianjurkan dalam agama. al lain yang harus diajarkan suami adalah mengenai kewajiban istri menaati suami dalam melakukan hal-hal yang tidak maksiat.

Penutup

Itulah link Download Kitab Uqudulujain Fi Huquqi Zaujain Terjemah, Makna dan Arab, semoga dengan memahami pembahasan yang ada pada Link Download Kitab Uqudulujain Fi Huquqi Zaujain Terjemah, Makna dan Arab bisa membawa kita menuju ke pernikahan yang sakinah mawaddah wa rahmah. silahkan bagikan postingan ini ke seluruh sosial media anda dengan mengklik logo sosmed dibawah, tinggalkan komentar, kirim kopi juga boleh hhehe.
Tag: “Keyword”
“uqudulujain pdf”
“uqudulujain terjemah pdf”
“uqudulujain dan qurrotul uyun”
“uqudulujain bab 1”
“uqudulujain terjemah”
“uqudulujain kitab apa”
“uqudulujain adalah”
“uqudulujain bab 2”
“uqudulujain artinya”
“uqudulujain bab nikah”
“kitab uqudulujain”
“kitab uqudulujain pdf”
“terjemahan kitab uqudulujain lengkap pdf”
“kitab uqudulujain membahas tentang”
“terjemah uqudulujain pdf”
“terjemahan uqudulujain pdf”
“terjemah uqudulujain”
“isi kitab uqudulujain”
“daftar isi kitab uqudulujain”
“pengarang kitab uqudulujain”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *