Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Agar Anak Tetap Semangat Saat Puasa

Tips Agar Anak Tetap Semangat Saat Puasa

TintaSantri.com - Puasa tahun ini mungkin sedikit berbeda dengan puasa pada tahun-tahun sebelumnya, anak - anak berpuasa di rumah bersama dengan keluarga, anak - anak tidak pergi ke sekolah ataupun berbuka bersama teman-teman, mungkin juga teman-teman jadi menunggu-nunggu waktu berbuka karena punya banyak waktu luang kita bisa melakukan banyak hal supaya tidak bosan dirumah sambil menunggu waktu buka puasa.

Nah ini dia beberapa tips supaya anak - anak tetap semangat menjalani hari saat puasa.

1.  Tidak melewatkan sahur di awal puasa

Pada awal puasa ini, mungkin kita masih belum terbiasa bangun dini hari untuk makan, padahal saur itu tidak boleh dilewatkan loh, karena sahur bisa menjaga kebutuhan energi selama puasa. usahakan makan makanan dengan gizi seimbang ada Nasi sayur, lauk hewani atau nabati, buah dan setidaknya dua gelas air putih.

Pilihlah makanan dengan jenis karbohidrat kompleks yaitu karbohidrat yang tidak mudah dicerna, karbohidrat kompleks ini bisa membuat tubuh mencerna lebih lama sehingga kita tidak cepat merasa lapar.

2. Boleh tidur lagi setelah sahur 

Setelah sahur, kita bisa menunggu hingga waktunya salat subuh, kalau sudah selesai kita bisa kembali tidur supaya tidak mengantuk di siang hari, kemudian bangunlah di pagi hari seperti biasa dan belajar di rumah.

3. Pertahankan suasana hati yang baik 

Saat kita belajar di rumah mungkin ada beberapa hal yang mengganggu kita mungkin juga ada materi pelajaran yang tidak kita bisa, tapi situasi seperti ini jangan sampai membuat kita marah dan stres Ya kita harus tetap mempertahankan suasana hati yang baik Misalnya dengan mendengarkan musik atau beristirahat sebentar

4. Tidur siang selama 30 menit 

setelah selesai belajar dan tugas-tugas sudah dikerjakan kita bisa tidur siang nih tapi jangan terlalu lama ya, durasi waktu tidur siang yang baik adalah 30 menit sampai satu jam. tidur siang bisa membuat kita jadi lebih segar saat bangun tidur nanti .

5. lakukan olahraga ringan sambil menunggu waktu berbuka puasa kita bisa melakukan olahraga ringan karena kita tidak boleh keluar rumah kita bisa olahraga di dalam rumah atau di teras ajak orang tua kakak dan adik untuk berolahraga juga ya Selain menyenangkan olahraga Sore juga bisa membuat tubuh kita tetap bugar Nah dengan cara-cara tahu kita tetap bisa semangat menjalani hari puasa

Posting Komentar untuk "Tips Agar Anak Tetap Semangat Saat Puasa"

TINTA SANTRI

Bantu Subscribe Channel YouTube Kami dengan Klik Disini