Terjemah Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Waljamaah, Persoalan Ke-6, Apakah Boleh Berziarah Kubur ?

 Persoalan Keenam

Apakah Boleh Berziarah Kubur ?

Ziarah kubur diperbolehkan oleh semua madzhab kaum muslimin dan jelaslah adabnya bagi penziarah.

Tambahan : Bahkan ziarah kubur disunnahkan :

sebagai ittiadz (pengambilan pelajaran) dan pengingat akhirat, maka pengingatan akhirat itu dengan melihat kuburan tanpa mengetahui pemiliknya (orang yang dikubur di dalam). 

Atau sebagai pengantar doa, maka ziarah kubur disunnahkan bagi setiap muslim. 

Atau sebagai bentuk tabarruk (mengambil barokah), maka ziarah kubur disunnahkan menziarahi para ahli kebaikan karena sesungguhnya bagi mereka di dalam alam barzahnya terdapat beberapa kemanfaatan dan barokah yang tidak bisa dihitung seberapa panjang. 

Atau untuk memenuhi hak seperti (hak kepada) teman dan orangtua, 

Imam Al-Hakim telah bernar-benar meriwayatkan dari Sahabat Abu Hurairah ra :

مَنْ زَارَ قَبْرَ وَالِدَيْهِ اَوْ اَحَدِهِمَا فِيْ كُلِّ جُمْعَةٍ غَفَرَ اللّٰهُ لَهُ وَكَانَ بَارًّا بِوَالِدَيْهِ

“Barang siapa menziarahi kuburan kedua orangtuanya atau salah satunya pada setiap hari Jum’at, maka Allah akan mengampuninya (dosanya) dan dia termasuk orang yang berbuat baik kepada kedua orangtuanya”.

Dalam riwayat yang lain :

مَنْ زَارَ قَبْرَ وَالِدَيْهِ اَوْ اَحَدِهِمَا فَقَرَأَ عِنْدَهُ يٰسٓ وَالْقُرْاٰنِ الْحَكِيْمِ غُفِرَ لَهُ بِعَدَدِ ذٰلِكَ اٰيَةً وَحَرْفًا

“Barang siapa menziarahi kuburan kedua orangtuanya atau salah satunya, kemudian dia membaca “Yasiin – Demi Al-Qur’an yang mulia” (Surat Yasin) di sisinya, maka diampuni (dosa) baginya sejumlah ayat dan huruf itu”.

Dan dalam riwayat yang lain :

مَنْ زَارَ قَبْرَ وَالِدَيْهِ اَوْ اَحَدِهِمَا كَانَ كَحَجَّةٍ

“Barang siapa menziarahi kuburan kedua orangtuanya atau salah satunya, maka dia seperti menunaikan ibadah haji”.

Syekh (Hasanain Muhammad Makhluf, mufti Mesir sebelumnya) berkata : Dan ziarah kubur adalah sunnah Rosulullah SAW, maka Beliau sendiri telah berziarah kubur dan mengajarkan kepada para sahabat Beliau bagaimana berziarah kubur dalam pelaksanaannya semasa Beliau SAW masih hidup di dunia.

Adapun ziarah kubur yang dilakukan Rosulullah SAW, maka hal itu ditunjukkan pada hadist yang diriwayatkan Sahabat Malik dari Siti Aisyah ra :

أَنَّهُ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَخْبَرَهَا اَنَّ جِبْرِيْلَ جَاءَهُ، فَقَالَ لَهُ : إِنَّ رَبَّكَ يَأْمُرُكَ اَنْ تَأْتِيَ اَهْلَ الْبَقِيْعِ فَتَسْتَغْفِرَ لَهُمْ، وَاَنَّهُ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَاءَ الْبَقِيْعِ فَقَامَ وَأَطَالَ الْقِيَامَ، ثُمَّ رَفَعَ يَدَيْهِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، وَاَنَّهَا رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهَا قَالَتْ لَهُ : كَـيْفَ اَقُوْلُ لَهُمْ ؟ فَقَالَ : قُوْلِيْ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ اَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَيَرْحَمُ اللّٰهُ الْمُسْتَقْدِمِيْنَ مِنْكُمْ وَالْمُسْتَأْخِريْنَ، وَاِنَّا إِنْ شَاءَ اللّٰهُ بِكُمْ لَاحِقُوْنَ

“Sesungguhnya Rosulullah SAW memberikan kabar kepadanya (Siti Aisyah ra) bahwa Malaikat Jibril mendatangi Beliau, kemudian Malaikat Jibril berkata kepada Beliau, “Sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkanmu untuk mendatangi penduduk (kuburan) Baqi’, kemudian kamu memohonkan ampun kepada mereka”. Sesungguhnya Rosululah SAW mendatangi kuburan Baqi’, Beliau berdoa dan berdiri lama kemudian mengangkat kedua tangan Beliau tiga kali. Dan sesungguhnya Siti Aisyah ra bertanya kepada Beliau, “Bagaimana aku berkata (berdoa) kepada mereka ?”. Beliau menjawab, “Katakan, semoga kesejahteraan tetap terlimpahkan kepada penghuni kubur, dari golongan mukmin dan golongan muslim. Semoga Allah memberikan rohmat kepada orang-orang yang mendahului (orang yang sudah meninggal) dari kalian semua dan orang-orang yang akhir (masih hidup). Sesungguhnya kami jika Allah menghendaki akan menyusul kalian”.

Bahkan Siti Aisyah ra meriwayatkan bahwa menziarahi kuburan Baqi’ adalah kebiasaan Nabi SAW, dan berikut ini adalah lafadznya :

كَانَ رَسُوْلُ اللِّٰه صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلَّمَا كَانَتْ لَيْلَتُهَا مِنْ رَسُوْلِ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْرُجُ اٰخِرَ اللَّيْلِ اِلَى الْبَقِيْعِ، فَيَقُوْلُ : السَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمِ مُؤْمِنِيْنَ، وَاٰتَاكُمْ مَا تُوْعَدُوْنَ غَدًا مُؤَجَّلُوْنَ،وَاِنَّا إِنْ شَاءَ اللّٰهُ بِكُمْ لَاحِقُوْنَ، اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِأَهْلِ بَقِيْعِ الْغَرْقَدْ – رواه مسلم

“Rosulullah SAW ketika mendapati malam giliran Siti Aisyah dari Rosulullah SAW, beliau keluar pada akhir malam menuju kuburan Baqi’. Kemudian Beliau berdoa, “Semoga kesejahteraan tetap terlimpahkan kepada kalian wahai rumah kaum mukminin. Telah datang apa yang dijanjikan kepada kalian, besok saat tiba masanya. Sesungguhnya kami jika Allah menghendaki akan menyusul kalian. Ya Allah, ampunilah para penduduk (kuburan) Baqi’ Al-Ghorqod” [HR. Muslim].

Adapun berziarah kubur orang-orang mukmin pada masa Rosulullah SAW dan pengajaran Beliau kepada mereka (para sahabat) bagaimana mereka berziarah, maka dengarkanlah hadist-hadist yang menunjukkan akan hal itu.

Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan hadist di mana seorang wanita menziarahi anaknya dan dia menangis, kemudian Rosulullah SAW tidak melarangnya untuk menziarahinya. Justru Beliau berkata kepada wanita itu :

اِتَّقِيْ وَاصْبِرِيْ

“Bertaqwalah dan bersabarlah”

Dan Beliau juga berkata :

الصَّبْرُ عِنْدَ صَدْمَةِ الْاُوْلٰى

“Sabar adalah ketika dalam musibah pertama”

Imam Muslim meriwayatkan bahwa Rosulullah SAW mengajarkan para sahabat tatkala mereka keluar mengunjungi kuburan untuk mengucapkan :

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ اَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَاِنَّا إِنْ شَاءَ اللّٰهُ بِكُمْ لَاحِقُوْنَ، اَسْأَلُ اللّٰهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

“Semoga kesejahteraan tetap terlimpahkan kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari golongan kaum mukmin, kaum muslim laki-laki, dan kaum muslim perempuan. Sesungguhnya kami jika Allah menghendaki akan menyusul kalian. Aku memohon kepada Allah kesehatan (keselamatan) untuk kami dan kepada kalian”.

Memang benar berziarah kubur dilarang pada masa pertengahan islam dan orang-orang masih mendekati zaman Jahiliyyah. Kemudian, larangan itu dirombak dengan sabda dan perbuatan Rosulullah SAW.

Adapun perbuatan Rosulullah SAW maka kamu telah benar-benar mendengarnya (seperti hadist-hadist di atas). Dan Adapun sabda beliau, maka itu (seperti di bawah ini) :
كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُوْرِ فَزُوْرُوْهَا – فَقَدْ اُذِنَ لِمُحَمَّدٍ فِيْ زِيَارَةِ قَبْرِ اُمِّهِ فَزُوْرُوْهَا فَاِنَّهَا تُذَكِّرُ الْاٰخِرَةَ – اخرجه مسلم وابو داود والترمذي وابن حبان والحاكم
“Aku telah melarang kalian untuk berziarah kubur, maka berziarah kuburlah – Maka telah benar-benar diizinkan kepada Nabi Muhammad di dalam berziarah kubur ibunya, maka berziarah kuburlah karena sesungguhnya ziarah kubur dapat mengingatkan akhirat”. – Hadist dikeluarkan (diriwayatkan) oleh Imam Muslim, Imam Abu Dawud, Imam Turmudzi, Imam Ibnu Hibban, dan Imam Hakim)
Dan di dalam hadist lain yang dikeluarkan (diriwayatkan) oleh Imam Hakim :
فَزُوْرُوْ الْقُبُوْرَ فَاِنَّهَا تُذَكِّرُ الْاٰخِرَةَ
“Maka berziarah kuburlah kalian karena sesungguhnya ziarah kubur dapat mengingatkan akhirat”.
Rosulullah SAW menziarahi kuburan para syuhada’ perang Uhud dan kuburan penduduk Baqi’. Beliau mengucapkan salam kepada mereka dan mendoakan kepada mereka seperti keterangan yang telah dijelaskan.  HR. Imam Muslim, Imam Ahmad, dan Imam Ibnu Majah.
Dan diperselisihkan di dalam masalah ziarah wanita ke kuburan. Golongan Ahlul Ilmi (orang-orang yang memiliki ilmu) berpendapat memakruhkannya, berupa makruh tahrim atau nanzih (1), sesuai hadist yang diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah :
اَنَّ رَسُوْلَ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَعَنَ زَوَّارَاتِ الْقُبُوْرِ – رواه احمد وابن ماجه والترمذى
“Rsoululah SAW melaknati wanita-wanita yang berziarah kubur” [HR. Imam Ahmad, Imam Ibnu Majah, dan Imam Turmudzi].
Catatan (1) :
Makruh Tahrim adalah makruh yang mendekati haram dan dianggap dosa bagi yang melakukan, sedangkan makruh tanzih adalah makruh secara umum dan dianggap tidak berdosa bagi yang melakukan.
Sedangkan kebanyakan ulama’ berpendapat untuk membolehkannya jika aman dari fitnah, dan menyandarkan dalil berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Siti Aisyah, “dia berkata : “Bagaimana aku berkata (berdoa) kepada mereka ?”. Beliau menjawab, “Katakan, semoga kesejahteraan tetap terlimpahkan kepada penghuni kubur, dari golongan mukmin dan golongan muslim. Semoga Allah memberikan rohmat kepada orang-orang yang mendahului (orang yang sudah meninggal) dari kalian semua dan orang-orang yang akhir (masih hidup). Sesungguhnya kami jika Allah menghendaki akan menyusul kalian”” (lihat hadist di atas, riwayat Imam Muslim dari Siti Aisyah).
Dan berdasarkan hadist yang dikeluarkan oleh Imam Bukhari bahwa sesungguhnya Nabi SAW bertemu wanita yang menangis di sisi kubur anaknya, kemudian beliau berkata, “Bertaqwalah dan bersabarlah” (Al-Hadist). Nabi SAW tidak mengingkari (melarang) kepadanya atas ziarah itu.
Dan berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Imam Hakim :
اَنَّ فَاطِمَةَ كَانَتْ تَزُوْرُ قَبْرَ عَمِّهَا حَمْزَةَ كُلَّ جُمْعَةٍ
“Sesungguhnya Siti Fatimah menziarahi kubur pamannya, Hamzah, setiap hari Jum’at”.
Dan berdasarkan hadist Abdullah bin Abi Mulaikah :
اَنَّ عَائِشَةَ اَقْبَلَتْ ذَاتَ يَوْمٍ اِلَى الْمَقَابِرِ فَقُلْتُ لَهَا : يَا اُمَّ الْمُؤْمِنِيْنَ مِنْ اَيْنَ اَقْبَلْتِ ؟ فَقَالَتْ مِنْ قَبْرِ اَخِيْ عَبْدِ الرَّحْمٰنِ، فَقُلْتُ لَهَا : اَلَيْسَ كَانَ يَنْهٰى رَسُوْلُ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُوْرِ ؟ قَالَتْ : نَعَمْ، كَانَ نَهٰى عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُوْرِ ثُمَّ اَمَرَ بِزِيَارَتِهَا
“Sesungguhnya Siti Aisyah suatu hari mendatangi pemakaman, kemudian aku berkata kepadanya, “Wahai Ibu kaum mukminin, dari mana kamu datang ?”. Dia menjawab, “Dari kubur saudaraku, Abdur Rahman”. Kemudian aku berkata, “Bukankah Rosulullah SAW telah melarang berziarah kubur ?”. Dia menjawab, “Iya, Beliau telah melarang ziarah kubur kemudian Beliau memerintahkan untuk berziarah kubur”.
Dari sini bisa diketahui jawabannya mengenai hadist Abu Hurairah (mengenai larangan wanita berziarah) dan dijawab juga mengenai hadist itu bahwa jawaban itu memuat penjelasan tentang ziarah yang disertai fitnah dan perkara haram, seperti meratapi mayit dan sebagainya. Atau termuatnya kebanyakan wanita yang berziarah pada hal yang mendatangkan Sighot Mubalaghoh (2) (Az-Zawwarot – wanita-wanita yang sangat suka berziarah), mungkin disebabkan karena sesuatu yang memunculkan hal itu termasuk menyia-nyiakan hak suami, berdandan, dan hal-hal yang menumbuhkannya baik berupa menjerit (meratapi mayit) dan sebagainya, kemudian tatkala hal seperti itu teramankan maka tidak ada masalah mengenai ziarah wanita karena kebutuhan mereka pada mengingat akhirat, seperti halnya para pria. [Ditukil dengan singkat dan jelas dari Kitab Goutsil ‘Ibad oleh Syekh Musthafa Al-Hamami dan Kitab Fatawinya Syekh Hasanain Muhammad Makhluf].
Catatan (2) :
Shighot Mubalaghah adalah susunan kalimat yang bermakna melebih-lebihkan, contoh “jamilun” artinya orang yang tampan, kalau menggunakan shighot mubalaghoh “jammalun” maka artinya orang yang sangat tampan. Begitu juga lafadz “Zairotun” artinya wanita yang berziarah, kalau “Zawwarotun” artinya wanita yang sangat suka berziarah.
Dan di dalam Kitab Fatawi tersebut (Kitab Fatawinya Syekh Hasanain Muhammad Makhluf), kesepakatan ulama’ menyakini bahwa ziarah kubur bagi pria adalah kesunnahan setelah ziarah kubur dilarang pada pertengahan islam – sampai Syekh Hasanai Muhammad Makhluf berkata – dan para ahli fiqih madzhab Syafi’i telah benar-benar menghukumi hadist secara dhohir saja [yakni hadist la’ana zawwaratil qubur]. Mereka berpendapat bahwa ziarah kubur bagi wanita adalah haram dan makruh, yaitu makruh tahrim. Imam An-Nawawi dalam Kitab Majmuk mengkritiknya (pendapat ahli fiqih madzhab Syafi’i) bahwa itu adalah pendapat yang janggal (ditentang) di dalam madzhab-madzhab dan merupakan pendapat yang mana diputus oleh jumhur ulama’ bahwa (jumhur ulama’ berpendapat) ziarah kubur adalah boleh bersamaan dengan hukum makrih tanzih. Imam Nawawi menukil dari penulis Kitab Al-Bahri mengenai dua macam pendapat madzhab Syafi’i :
Salah satunya adalah makruh seperti pendapat jumhur ulama’
Pendapat yang lain adalah tidak makruh. Dan Imam Nawawi berpendapat bahwa lebih khusus menurutku ketika aman dari fitnah-fitnah.
Iya, terkadang di sana terdapat sesuatu yang merupakan bahaya dari ziarah kubur, yaitu manusia keluar untuk berziarah dalam sebagian sisi dengan prilaku yang meniadakan agama, (misalnya) pria bercampur dengan wanita baik di jalan-jalan maupun di pemakaman yang mana tidak diridloi oleh akal dan agama. Di atas pemakaman, mereka makan, minum, tidur, berdandan, dan melakukan perbuatan yang mana pena pun turut malu menggarisbawahinya (perbuatan memalukan). Maka ziarah dengan prilaku seperti ini tidak diperbolehkan karena prilaku yang tampak bukan karena ziarahnya.
Dan setelah hal itu, maka kami mengatakan kepada mereka, orang-orang yang melarang berziarah kubur : Kami berharap kepada kalian untuk membaca tulisan ini agar kalian sendiri mengetahui bahwa kalian berada di sebuah jurang sedangkan islam berada di jurang lainnya. Dan mudah-mudahan ketika kalian melihatnya (menyadarinya) maka kalian akan mencopot pandangan di mana  kalian menetapinya, berupa mengharamkan ziarah kubur dengan sangat mengharamkannya dan memandang orang yang membolehkannya atau orang yang melakukannya (ziarah kubur) dengan pandangan merendahkan, menghina, dan menyebutnya “tukang kuburan”. Maka tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah yang Maha Luhur lagi Maha Agung.
Kemudian alangkah begitu bodohnya kalian terhadap seluruh madzhab kaum muslimin, padahal madzhab-madzhab itu memperbolehkan berziarah dan menjelaskan bagi penziarah tentang adab-adabnya. (Alangkah begitu) bodohnya kalian terhadap sunnah Rosulullah SAW, padahal beliau SAW sendiri melakukan ziarah kubur dan mengajarkan para sahabat beliau bagaimana melakukan ziarah kubur sebagaimana yang kalian ketahui. Dan seluruh umat ini mengikuti mereka untuk berziarah kubur dari masa mereka sampai hari ini.
Dan ini adalah kitab-kitab (susunan) ulama’ Madzhab Hanafi, Madzhab Maliki, Madzhab Syafi’i, Madzhab Hambali, dan madzhab lainnya, yang mana di dalamnya menjelaskan tentang ziarah kubur. Demikian juga halnya, (kitab ini adalah) catatan-catatan sunnah kenabian yang dipenuhi dengan penjelasan kebolehan, anjuran, dan bagaimana melakukan ziarah kubur.
Dan orang yang melihat semua ini (isi kitab ini) kemudian dia mengingkarinya, maka tiada daya bagi kami di dalamnya, dan perkara dia (kami serahkan) kepada Tuhannya. Wallahu A’lam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *